Bermain Peran Dan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini
Abstract
The problem of this research was children low language ability development. The objective of this research was to find out the correlation between role playing and children language ability in group B. Research used quantitative correlational methode. This research was conducted in Al-Hidayah kindergarten school in Kalirejo Lampung with population of 81 children. The 30 respondent were taken by using purposive sampling technique. Data were collected by observations and documentations and analyzed by using Spearmans Rank correlation technique. The result showed that there was a correlation between role playing and children language ability development.
Masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan kemampuan berbahasa anak usia dini belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bermain peran dengan pengembangan kemampuan berbahasa pada anak usia dini kelompok B. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional. Penelitian dilaksanakan di TK AL-Hidayah Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah dengan jumlah populasi sebanyak 81 anak, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 30 anak dengan menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi sedangkan data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi spearman rank. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan sangat kuat antara bermain peran dengan pengembangan kemampuan berbahasa anak usia dini.
Kata kunci : anak usia dini, kemampuan berbahasa, bermain peran
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aisyah, S. 2008. Pengembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta.
Swineford, L. 2014. A review of literature in early childhood communication disorders.. [Online]. Tersedia di https://scihub.cc/https://doi.org/10.1016/j.lingua.2017.07.007.
[diakses 7 November 2017].
Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Hartati, S. 2005. Perkembangan Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenaga Perguruan Tinggi.
Musfiroh, T. 2005. Bercerita untuk anak usia dini. Jakarta: Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi direktorat Pembinaan Pendidikan dan Ketenagakerjaan Perguruan Tinggi.
Nurani dan Bambang, 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
Nuraini, Y. 2007. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Nadzifa, H. 2016. Kegiatan Bermain Peran Makro dalam Upaya Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Pada Anak Usia Dini Kelompok B di TK Aisyah Hadimulyo Metro Barat Tahun Ajaran 2015/2016. jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JIP [diakses 3 November 2017].
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Erlinda, P. E. 2015. Hubungan kegiatan bermain peran makro dengan keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK kartika II-26 Bandar Lampung tahun ajaran 2015/2016. jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JIP
[diakses 5 November 2017].
Cekaite, A. 2014. Microgenesis of language creativity: Innovation, conformity and incongruence in childrens language play. [Online]. Tersedia di https://sci-hub.cc/https://doi.org/10.1016/j.langsci.2017.01.007.
[diakses 7 November 2017].
Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Pendana Media Grup.
Suyanto, S. 2005. Pembelajaran untuk anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Tedjasaputra, M. 2003. Bermain, Main dan Permainan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yunita. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Melalui Bermain Peran pada Kelompok B PAUD Wijaya Kusuma Kelurahan Waytaan Teluk Betung Timur Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. http://digilib.unila.ac.id/23899/.
[diakses 3 November 2017]
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.