Bermain Sensorimotor Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini

Via Adeliana Putri, Ari Sofia, Diah Utaminingsih

Abstract


The Problem in this research was children low creativity at Tunas Harapan Kindergarten Sidowaras. The purpose of this study was to determine the correlation between sensorimotor play and children creativity. This study was used quantitative research. Research methodology was correlational. The population of this study was children aged 5-6 years old in B group. The samples were 30 children that consisted of 18 boys and 14 girls. Sampling technique was purposive sampling. Data was collected by observation. Data was analyzed by using product moment correlation. The result of this study showed that there was a correlation between sensorimotor play and children creativity by 715 %.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas anak pada TK Tunas Harapan Sidowaras. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bermain sensorimotor dengan kreativitas anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metodologi penelitian menggunakan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 Tahun kelompok B. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok B berjumlah 18 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan bermain sensorimotor dengan kreativitas sebesar 715 %.

Kata kunci: anak usia dini, bermain sensorimotor, kreativitas.


References


Arlinah, S. 2016. Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Bermain Plastisin pada Kelompok A di PAUD Plus Al-Fattah Jarak Kulon Kabupaten Jombang. Jurnal. (Online). Tersedia di http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/8736. diakses 12 April 2017.

ECEJ. 2000. Nurturing Creativity in Early Childhood Education: Families Are Part of It. (Online). Tersedia di https://link.springer.com/article/10.1023/A%3A1009555805909. diakses 23 Agustus 2017.

Hurlock, E. 2013. Child Development: Perkembangan Anak. Edisi keenam. Diterjemahkan oleh: Meitasari Tjandrasa dan Muslichah Zarkasih. Jakarta: Erlangga.

Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurani, Y dan Bambang, S. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks.

Nurani, Y. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Rasdyahati, R & Dewi, K. 2015. Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Bermain Playdough pada Kelompok Usia 3-4 Tahun. Jurnal UNESA, Surabaya. Tersedia di jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/15260/19/article.pdf. diakses pada 5 Mei 2017).

Sanjaya, W. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada media Grup.

Saputra, Y. 2005. Perkembangan Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Departemen Nasional: Jakarta.

Suharsini, A. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Undang Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats