HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN AKTIVITAS BEREKSPLORASI ANAK USIA DINI

Awanda Sahita Hatrini, Sasmiati sasmiati, Riswandi riswandi

Abstract


The problem of this research was the activities had not active yet optimally in Permata Bunda early childhood in Centra Lampung. The purpose of this research was used correlation between using learning media and exploring activity of preschool. The research was quantitiv research. The subject of the research was all of the children (30child) of B class in early chilhood. The collecting tecnique data by using observasion and documentation technique. The data analysis tecnique by using cross table analysis and spearman rank correlation analysis. The reasult of the research was showing there was correlation between using learning media and exploring activity of children in Permata Bunda early childhood education in Centra Lampung.

Masalah dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya aktivitas bereksplorasi secara optimal di PAUD Permata Bunda Lampung Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media pembelajaran dengan aktivitas bereksplorasi pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat kolerasional. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di PAUD Permata Bunda Lampung Tengah. Waktu penelitian pada tanggal 14-16 Maret 2015. Subjek penelitian ini adalah semua anak (30anak) kelas B di PAUD Permata Bunda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Kolerasi Spearman Rank. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara penggunaan media pembelajaran dengan aktivitas bereksplorasi anak usia dini di PAUD Permata Bunda.

Kata Kunci : aktivitas bereksplorasi, anak usia dini, penggunaan media pembelajaran.



References


Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Asra, dkk. 2007. Komputer dan Media Pembelajaran di SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Beaty, J. 2013. Observasi Perkemabangan Anak Usia Dini Edisi Ketujuh. Jakarta:PT Fajar Interpratama Mandiri.

Dina, S. 2014. Penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas eksplorasi anak kelompok B di TK Dharma Wanita Karanganyar [online]. diakses pada tanggal 21 Oktober 2016.

Hasnida. 2015. Media Pembelajaran Kreatif. Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Hofferth. S. L. 2010. Home Media and Childres Achievement and Behavior. Journal of International Child Development. EarlychildhoodNews.[online] diakses pada tanggal 21 Oktober 2016.

Marat, S. 2007. Psikologi Perkemabangan. Bandung: PT Remaja.

Rachmawati, Y. dan Kurniati, E. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Sujiono,Y.N. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats