ANALISIS DESKRIPTIF SELF-EFFICACY BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOCRATES KONTEKSTUAL

Agus Sugiarto, Tina Yunarti, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This descriptive qualitative research aimed to describe the students mathematical critical thinking self-efficacy in Socrates Contextual Learning. The subject of this research was students of VII-D class of SMPN 22 Bandarlampung in even semester, academic year of 2014/2015 who appeared indicators of mathematical critical thinking self-efficacy. The data of this research were obtained by observation recording, mathematical critical thinking self-efficacy scale, and interview. The interview in this research aimed to get deeper informations about students mathematical critical thinking self-efficacy. The analysis of data used three stages, that were reducting, displaying, and getting conclusion of data. Based on the analysis of data, it was concluded that students mathematical critical thinking self-efficacy which appeared dominantly in Socrates Contextual Learning was indicators on magnitude/level dimension.

Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan self-efficacy berpikir kritis matematis siswa dalam Pembelajaran Socrates Kontekstual. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP Negeri 22 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang memunculkan indikator self-efficacy berpikir kritis matematis. Data penelitian ini diperoleh melalui catatan lapangan, skala self-efficacy berpikir kritis matematis, dan wawancara. Wawancara dalam penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang lebih dalam mengenai self-efficacy berpikir kritis matematis siswa. Analisis data menggunakan tiga tahapan, yaitu reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan terhadap data. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa self-efficacy berpikir kritis matematis siswa yang dominan muncul dalam Pembelajaran Socrates Kotekstual adalah indikator pada dimensi magnitude/level.

Kata kunci: berpikir kritis matematis, self-efficacy, socrates kontekstual


Full Text:

PDF

References


Anwar, A. 2009. Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Skripsi. Medan: Universitas Sumatra Utara.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Bandura, Albert. 2009. Cultivate Self-Efficacy For Personal and Organizational/Effectiveness. Dalam E.A. Locke (Ed.). Handbook of Principles of Organization Behavior (Hal.179-200). New York: Wiley. [Online]. [http://www.uky.edu, diakses pada Maret 2015].

BSNP. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Hanifah, Nurika dan Agustini, Rudiana. 2012. Peningkatan Self-Efficacy dan Berpikir Kritis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Materi Pokok Asam Basa Kelas XI SMAN 9 Surabaya. Jurnal FMIPA Unesa (Vol. 1 hal. 27-33). Surabaya: Unesa. [Online]. [http://ejournal.unesa.ac.id, diakses pada Maret 2015]

Hasratuddin. 2010. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kecerdasan Emosional Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 4 No. 2). Medan: Unimed. [Online]. [http://digilib.unimed.ac.id/, diakses pada Maret 2015].

Masraroh, Latifatul. 2012. Effektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Modelling untuk Meningkatkan Self-Efficacy Akademik Siswa (Studi Eksperimen Kuasi di Kelas X SMA Laboratorium UPI Bandung). Skripsi. Bandung: UPI. [Online]. [http://repository.upi.edu, diakses pada April 2015].

Maulana, Ady Sulton. 2013. Penerapan Strategi React untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP. Skripsi. Bandung: UPI. [Online]. [http://repository.upi.edu, diakses pada April 2015].

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kotemporer. Bandung: JICA-UPI.

Suwanjal, Usep. 2014. Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Self-Efficacy Matematis Siswa SMP. Tesis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wilson, Susan. 2008. Mathematical Self-Efficacy: How Contructivist Philosophies Improve Self-Efficacy. United Kingdom: University Of British Colombia. [Online]. [http://www.scribd.com, diakses pada Maret 2015].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.