PENGARUH INQUIRY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP
Abstract
The purpose of this research was to find out the influence of inquiry learning method towards students understanding of mathematical concepts. The population of this research was all students of grade 7th students at SMP Negeri 4 Bandarlampung in the academic year of 2014/2015 which consist of twelve classes, then it was chosen as samples two classes by purposive random sampling technique. The data of this research were obtained by test of mathematical understanding concepts. Based on the result of research, it could be concluded that inquiry learning method has a positive influence towards stundents understanding of mathematical concepts.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui metode inquiry learning terhadap pengaruh pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari dua belas kelas, kemudian diambil dua kelas sebagai sampel melalui teknik purposive random sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa metode inquiry learning berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematis siswa.
Kata kunci: inquiry learning, pemahaman konsep, siswa SMP
Full Text:
PDFReferences
Bani, Asmar. 2011. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Jurnal UPI. [Online]. Diakses di http://jurnal.upi.edu. pada 12 Februari 2015.
Hanafiah, Nanang dan Sujana, Cucu. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Afitama.
Mulyati. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Representasi Siswa SMA Melalui Strategi Preview-Question-Read-Reflect-Recite-Review. [Online]. Diakses di http://repository.upi.edu. pada 12 Februari 2015.
Situmorang, Meditama. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. [Online]. Diakses di http://jurnal.fkip.unila.ac.id. pada 12 Februari 2015.
Trna, J., Trnova, E., dan Sibor., J. 2012. Educational. Journal of Educational and Instructional Studies in the World. Volume 2. [Online]. Diakses di http://www.wjeis.org. pada 8 Agustus 2015.
Wardoyo, Sigit Mangun. 2013. Pembelajaran Konstruktivisme. Bandung: Alfabeta.
Yeni, Ety Mukhlesi. 2011. Pemanfaatan Benda-Benda Manipulatif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri dan Kemampuan Titikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal UPI. [Online]. Diakses di http://jurnal.upi.edu. pada 25 Januari 2015.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.