EFEKTIVITAS DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA

Siska Kurniawati, Sri Hastuti Noer, Haninda Bharata

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of discovery learning viewed by students conceptual understanding and prior knowledge of mathematics. The design which was used was pretest-posttest control group design. The population of this research was all students of grade seven of SMPN 3 Way Pengubuan in academic year of 2014/2015 and the samples of this research were students of VIIA and VIIB class that were determined by purposive sampling. The data of students understanding of mathematical concepts were obtained by essay testand the data of students prior knowledge of mathematics were obtained by multiple-choice test. This research concluded that the implementation of discovery learning was effective viewed by the students conceptual understanding and prior knowledge of mathematics, and more effective than conventional learning.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas discovery learning ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan awal matematika siswa. Desain yang digunakan adalah preetest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Way Pengubuan pada tahun akademik 2014/2015 dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIIB yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diperoleh dari tes uraian dan data kemampuan awal matematika diperoleh dari tes pilihan berganda. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan discovery learning efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan kemampuan awal matematika siswa, serta lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional.

Kata kunci: discovery learning, kemampuan awal, pemahaman konsep


Full Text:

PDF

References


Asih, Pamuji. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Unila. Vol. 2, No. 2. 2014, pp. 1-10. [Online]. (Tersedia di http://jurnal.fkip.unila.ac.id) Diakses pada 5 Januari 2015.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas. [Online]. (Tersedia di http://books.google.co.id.) Diakses pada 3 Januari 2015.

_________. 2003. Pedoman Khusus Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Jakarta: Depdiknas. [Online]. (Tersedia di www.slideshare.net) Diakses pada 3 Januari 2015.

Dianasari, Enti. 2010. Pembelajaran Kooperatif Model JIGSAW dan STAD Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Kreativitas Siswa. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. [Online]. (Tersedia di http://eprints.uns.ac.id) Diakses pada 27 desember 2014.

Effendi, Leo Adhar. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smpnegeri di Bandung. Tesis. Bandung: UPI. [Online]. (Tersedia di http://jurnal.upi.edu.) Diakses pada 10 Maret 2015.

Mullis, I. V. S, Martin, M. O., Foy. P., & Aorora, A. 2012. TIMSS 2011 International Mathematics Report: Findings From IEAS Trends in International Mathematics and Science Study at the Fourth and Eighth Grades. Chestnul Hill, Ma: Timss & Pirls International Study Centre Boston College. [Online]. (Tersedia di http://timssandpirls.bc.edu.) Diakses pada 27 desember 2014.

Qorriah. 2011. Penggunaan Metode Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung. Skripsi. Jakarta: UIN Syarief Hidayatullah. [Online]. (Tersedia di http://www.education.gov.) Diakses pada 28 November 2014.

Ruseffendi, E.T. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA (Edisi Revisi). Bandung: Tarsito.

Uno, Hamzah. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Wulandari, Lita. 2005. Prestasi Belajar Ditinjau dari Persepsi Siswa Terhadap Iklim Kelas pada Siswa yang Mengikuti Program Percepatan Belajar. Jurnal Universitas Sumatera Utara, Vol. 1, No. 1. Juni 2005, pp. 19-27. [Online]. (Tersedia di http://repository.usu.ac.id.) Diakses pada 5 Januari 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.