EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Aliza Ramadhani, Haninda Bharata, Sri Hastuti Noer

Abstract


This research aimed to know the effectiveness of implementation of guided discovery learning model towards student's understanding of mathematical concepts. This research used one group pre-test post-test design. The population of this research was all grade 8th students of SMPN 17 Bandar Lampung in the academic year of 2014/2015 that was distributed into 10 classes. The sample of this research was students of VIII G class who was chosen by purposive sampling technique. The result of analysis of data showed that guided discovery learning model could increase student's understanding of mathematical concepts but the percentage of student who reached the mastery learning was not more than 75%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model guided discovery learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan one group pre-test post-test design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015 yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIG yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis data menunjukan bahwa penerapan model guided discovery learning dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa namun persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar tidak lebih dari 75%.

Kata kunci: efektivitas, guided discovery, pemahaman konsep matematis


Full Text:

PDF

References


Kemdikbud. 2012. Kurikulum 2013 Bahan Uji Publik. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kiswandi. 2013. Studi Komparasi Model Pembelajaran Concept Attainment dan Model Cognitive Growth Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Skripsi. Semarang: UNESA. [Online]. Tersedia di http://www.lib.unnes.ac.id. [Diakses pada 07 Desember 2014].

Markaban. 2008. Model Pembelajaran Terbimbing pada Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Purnomo, Y. W. 2011. Keefektifan Model Penemuan Terbimbing dan Cooperative Learning pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan, Volume 41, Nomor 1. [Online]. Tersedia di http://journal.uny.ac.id. [Diakses pada 4 Januari 2015].

Qorriah. 2011. Penggunaan Metode Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung. Skripsi. Jakarta: UIN Syarief Hidayatullah. [Online]. Tersedia di http://www.education.gov.za/LinkClick. [diakses pada Desember 2014].

Rohani, Ahmad. 2004. Pendidikan Prinsip-Prinsip Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sirojudin, Ahm. 2011. Hubungan Kompetensi Profesionalisme Guru dengan Efektivitas Model Pembelajaran. Skripsi. Jakarta: UIN Syarief Hidayatullah. [Online]. Tersedia di http://www.education.gov.za/LinkClick. [diakses pada 07 Desember 2014].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.