EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Ayu Febriyanti, Pentatito Gunowibowo, Rini Asnawati

Abstract


This research aimed to know the effectiveness of problem based learning model in improving students mathematical communication skill. The population of this research was all students of grade 8th of SMPN 1 Pringsewu in academic year of 2014/2015 that was distributed into 6 classes. The sample of this research was determined by purposive random sampling technique and it was selected students of VIII.1 class as sample. This research used one group pretest posttest design. Based on the analysis of data, it was concluded that problem based learning model was not effective to improve students mathematical communication skill.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pringsewu semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang terdistribusi dalam enam kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive random sampling dan terpilih siswa kelas VIII.1 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan one group pretest posttest design. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah tidak efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, kemampuan komunikasi matematis, PBM

Full Text:

PDF

References


Herman, Tatang. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. [Online]. Tersedia di http://file.upi.edu. [23 November 2014, Pukul 05:30].

Husnidar, M. Ikhsan dan Syamsul Rizal. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika Vol. 1 No. 1 April 2014. [Online]. Tersedia di www.jurnal.unsyiah.ac.id. [23 November 2014, Pukul 08:20].

Mullis, Ina V. S., Martin, M.O., Foy, P., dan Arora, A. 2012. TIMSS 2011 International Results In Mathematics. [Online]. Tersedia di http://timssandpirls.bc.edu. [23 November 2014, Pukul 15:00].

OECD. 2013. PISA 2012 Result in Focus. [Online]. Tersedia: http://oecd.org. [23 November 2014, Pukul 06:30].

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran yang Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.