DESKRIPSI SELF-EFFICACY BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOCRATES KONTEKSTUAL

Siti Laelatul Chasanah, Tina Yunarti, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This qualitative research aimed to describe students mathematical critical thinking self-efficacy in Socrates Contextual learning. The subject of this research was students of VII E class of SMP Al Kautsar Bandarlampung in academic year of 2014/2015. The sample of this research was chosen by purposive random sampling technique. The data was collected through observation, interview, questionnaire and video during learning process. Based on analysis of data, students have mathematical critical thinking self-efficacy in high category for magnitude dimension and medium for strength and generality dimension in Socrates Contextual learning.

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan self-efficacy berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran Socrates Kontekstual. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Al Kautsar Bandarlampung tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive random sampling. Data diperoleh hasil observasi, wawancara, angket, dan video selama proses pembelajaran. Berdasarkan analisis data, siswa memiliki self-efficacy berpikir kritis matematis yang tinggi pada dimensi magnitude dan self-efficacy berpikir kritis yang tergolong sedang pada dimensi strength dan generality dalam pembelajaran Socrates Kontekstual.

Kata kunci: berpikir kritis matematis, self-efficacy, Socrates Kontekstual


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bandura, Albert dan Nancy E. Adams. 1977. Analysis of Self-Efficacy Theory of Behavioral Change. New York: Stanford University.

Dwijananti, P. dan D. Yulianti. 2010. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Problem Base Instruction pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, ISSN: 1693-1246. Semarang: Universitas Negeri Semarang. [Online]. http://journal.unnes.ac.id. [11 Mei 2015].

Ghufron, M. Nur dan Rini Rinaswita. 2010. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: ArRuzz Media.

Hidayat, Dede Rahmat. 2011. Teori dan Aplikasi Psikologi Kepribadian dalam Konseling. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mahyuddin, Rahil. 2006. The Relationship Between Students Self-Efficacy and Their English Language Achievement. Jurnal Pendidik dan Pendidikan, Jilid 21, 61-67, 2006. Selangor Malaysia: Universitas Putra Malaysia. [Online]. Tersedia di http://apjee.usm.my. [23 Oktober 2014].

Moma, La. 2014. Peningkatan Self-Efficacy Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran Generatif. Cakrawala Pendidikan, Oktober 2014, Tahun XXXIII, No. 3. Maluku: Universitas Pattimura. [Online]. Tersedia di http://download.portalgaruda.org. [26 Maret 2015].

Wahyudin, Sutikno dan A. Isa. 2009. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6 (2010), 58-62. ISSN : 1693-1246. [Online]. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id. [14 April 2015].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.