EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SOCRATES KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Florensia Evindonta Bangun, Tina Yunarti, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This research aimed to know the effectiveness of Socrates Contextual Learning viewed by students critical thinking ability. This quasi-experimental research used one group pretest-posttest design. The population of this research was all grade VII students of SMP Negeri 22 Bandarlampung in even semester, academic year of 2014/2015 which was distributed into eleven clasess. By purposive sampling technique, students of VII D class was chosen as the research sample. The research data were obtained by critical thinking ability test. The techniques of analysis data which were used were paired sample t-test and proportion test. Based on the data analysis result, it can be concluded that Socrates Contextual Learning was not effective viewed by students critical thinking ability.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Pembelajaran Socrates Kontekstual ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 22 Bandarlampung. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain one group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Dengan teknik purposive sampling terpilih siswa kelas VII D sebagai sampel penelitian. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t observasi berpasangan dan uji proporsi. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa Pembelajaran Socrates Kontekstual tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa.

Kata kunci: efektivitas, kemampuan berpikir kritis, srates kontekstual


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Facione. 1990. Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction The Delphi Report Executive Summary. California: The California Academic Press.

Hakim, Lukman. 2014. Penerapan Pembelajaran Socrates dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Proses Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Penelitian Deskriptif Kualitatif pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 10 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Haryani, Desti. 2011. Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, FMIPA, UNY pada 14 Mei 2012.

Hasibuan, Malayu S. P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasruddin. 2009. Memaksimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Tabularasa PPS Unimed Volume 6, Nomor 1, Juni 2009. Medan: Unimed.

Husnidar, M. Ikhsan, dan Syamsul Rizal. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika Volume 1, Nonomr 1, April 2014. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Lewis, Karron G. 2007. Developing Questioning Skills. Austin: Center for Teaching Effectiveness, The University of Texas.

Noer, Sri Hastuti. 2009. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY pada 5 Desember 2009.

OECD. 2014. Programme for International Student Assessment (PISA) 2012 Result in Focus. [Online]. Tersedia: http:// www.oecd.org. [22 Oktober 2014].

Somakim. 2011. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Penggunaan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Forum MIPA, Volume 14, Nomor 1, Januari 2011. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Yunarti, Tina. 2014. Desain Didak-tis Teori Peluang SMA. Jurnal Pendidikan MIPA Volume 15, Nomor 1, April 2014. Bandarlampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.