EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
Abstract
This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of cooperative learning of TAI type viewed by students understanding of mathematical concepts. The design which was used was posttest only control design with the population was all students of grade eight of Junior High School of Muhammadiyah 3 Bandar Lampung in academic year of 2014/2015 and the research samples were students of VIIIA and VIIIB class that were determined by purposive random sampling. Based on the result of data analysis, it was concluded that the implementation of cooperative learning of TAI type was effective viewed by students understanding of mathematical concepts and more effective than conventional learning.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan adalah posttest-only control design dengan populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/ 2015 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa dan lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Kata kunci: efektivitas, kooperatif tipe TAI, pemahaman konsep
Full Text:
PDFReferences
Ayuni, Qurota. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2013/2014 pada Materi Aljabar). Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Depdiknas. 2002. Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Jakarta: Depdiknas.
NCES. 2011. Mathematics and Science Achievement of English Grade Students in an International Context. [Online]. Tersedia di https://nces.ed.gov. (diakses pada 18 Desember 2014 pukul 20:20).
Novitasari, Indri. 2012. Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Teknik Permainan Terhadap Pemahaman Konsep dan Keaktifan Siswa SMP. Skripsi. [Online]. Tersedia di http://www.distrodoc.com. (diakses pada 05 Mei 2015).
OECD. 2012. Evaluating School Systems to Improve Education. [Online]. Tersedia di http://www.oecd.org. (diakses pada 18 Desember 2014 pukul 20:13).
Sutikno,M. Sobry. 2005. Pembelajaran Efektif. Mataram: NTP Press.
Tim Dosen Unila. 2007. Mata Kuliah Landasan-Landasan Pendidikan. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Wardoyo, Sigit Mangun. 2013. Pembelajaran Konstruktivisme. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.