PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
Abstract
This quasi-experimental research aimed to know the influence of using prop from students understanding of mathematical concepts in contextual learning. The population of this research was all students of grade VII of MTs Negeri 2 Bandar Lampung in academic year of 2014/2015. The sample of this research were students of VII D and VII F which were taken by purposive sampling. Based on the analysis of data, students mathematical concept understanding in contextual learning which use prop was better than mathematical concept understanding in contextual learning and which not use prop. Thus, the using of prop gives positive influence to students understanding of mathematical concepts in contextual learning.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran kontekstual. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII D dan VII F yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan analisis data, pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual yang menggunakan alat peraga lebih baik daripada pembelajaran kontekstual tanpa penggunaan alat peraga. Dengan demikian, penggunaan alat peraga berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran kontekstual.
Kata kunci: alat peraga, kontekstual, pemahaman konsep matematis
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Z. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, S. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin. R.E. 2008. Cooperative Learning, Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2011. Alat Peraga dalam Pembelajarn Matematika (Makalah Disampaikan pada Pelatihan Materi Matematika KKG MI Kecamatan Trincing, Secang, Jawa Tengah pada 20 Juli 2011). [Online]. diakses di http://www.staff.uny.ac.id. diakses pada 23 Oktober 2014 pukul 14.26.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.