PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Sulis Setiowati, Arnelis Djalil, M. Coesamin

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the influence of implementation of think talk write learning strategy towards student’s mathematical commu­nication ability. The population of this research was all grade eight students of Junior High School 1 Bangunrejo Lampung Tengah in academic year of 2013/2014 and students of VIII A and VIII B class as samples which were taken by purposive sampling technique. The research data were obtained by test of mathematical communication ability. The conclusion of this research was think talk write learning strategy affects towards the student’s mathematical communication ability.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan  strategi pembelajaran think talk write terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bangunrejo Lampung Tengah tahun pelajaran 2013/2014 dan siswa kelas VIII A dan VIII B sebagai sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan komunikasi matematis. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran think talk write berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: komunikasi matematis, konvensional, think talk write


Full Text:

PDF

References


Andriani, Melly. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Strategi Think Talk Write untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah. [Online] Tersedia: http://eprints.uny.ac.id. [diakses 25 September 2014].

Ansari, B. 2005. Menumbuhkembangan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Umum (SMU) melalui Strategi Think Talk Write. Disertasi. Bandung: UPI.

Guza, A. 2009. Undang-Undang Sisdiknas dan Undang-Undang Guru dan Dosen. Jakarta: Asa Mandiri.

Hulukati, E. 2005. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Generatif. Disertasi. Bandung: UPI.

Kompas. 2012. Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun. [Online]. Tersedia: http://edukasi.kompas.com. [diakses 21 Maret 2014].

Setiyawati, Wahyu. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think talk Write Pada Kompetensi Dasar Bumbu dan Rempah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jasa Boga SMKN 4 Madiun. [Online]. Tersedia: http://ejournal.unes.ac.id. [diakses 25 September 2014].

Suseli. 2010. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Menggunakan Think Talk Write (TTW) dengan Metode Ekspositori. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.