PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Abstract
This quasi experimental research aimed to know the influence of implementation of TGT learning model towards student’s mathematical problem solving skill. This research design was pretest-posttest control group design. The population of this research was students of grade 8th of SMPN 8 Bandarlampung in academic years of 2013/2014 except students in the excellent class. The samples of this research were taken by purposive sampling technique. The research data were obtained by the test of mathematical problem solving skill. Based on hypothesis test, it was gotten the conclusion that the implementation of TGT learning model did not affect towards student’s mathematical problem solving skill significantly.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 8 Bandarlampung tahun pelajaran 2013/2014, kecuali siswa pada kelas unggulan. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran TGT tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa secara signifikan.
Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, pembelajaran kooperatif, TGT
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati, dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Mullis, I.V.S., Martin, M.O, Foy, P dan Arora. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. [Online]. Tersedia: http://timssandoirls.bc.edu. [4 Februari 2014].
Nurhadi. 2004. Kurikulum. 2004. (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Pradyumnati, Rahayu Malini. 2013. Studi Komparasi Model Kooperatif Tipe TGT (Teams Game Tournament) dan Tipe Make A Match Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. [Online]. Tersedia: http://digilib.uns.ac.id. [6 Agustus 2014].
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Jakarta: Nusa Media.
Surya, H. 2003. Kiat Mengajak Anak Belajar dan Berprestasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.