PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS

Sovian Hakim, Sri Hastuti Noer, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This research aimed to know the increasing of student’s critical thinking skill and mathematical disposition which was taught by problem based learning compared to the conventional learning. The population of this research was all students of grade 8th of SMPN 24 Bandarlampung in academic year of 2013/2014 that was distributed into ten classes. This research samples were students of VIIIC and VIIID class who were taken by purposive sampling technique. The design of this research was pretest posttest control group design. The research data were obtained by test of critical thinking skill and mathematical disposition scale. The conclusion of this research was the problem based learning could increase the student’s critical thinking skill, but it couldn’t increase the student’s mathematical disposition.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah dibandingkan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 24 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC dan VIIID yang diambil dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis dan skala disposisi matematis. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, namun tidak dapat meningkatkan disposisi matematis siswa.

Kata kunci: disposisi matematis, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran berbasis masalah


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Ennis, Robert. H. 2002. An Outline of Goal a Critical Thinking Curriculum and Its Assessment. [Online]. Tersedia: http://faculty.ed.uiuc.edu. [9 Januari 2014].

Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. [Online]. Tersedia: http://jurnal.upi.edu. [19 November 2013].

Herman, Tatang. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist Vol. 01 No. 01. [Online]. Tersedia: http://ejournal.sps.upi.edu. [19 November 2013].

Husnidar, dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika ISSN: 2355-4185. [Online]. Tersedia: http://www.jurnal.unsyiah.ac.id. [15 Juni 2014].

Irawan. 2011. Pengaruh Pendekatan Problem Posing Model Search, Solve, Creat, and Share dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1 April 2011. [Online]. Tersedia: http://jurnal.upi.edu. [1 Januari 2014].

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. 2001. Adding it up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: NationalAcademy Press.

Mahmudi, Ali. 2009. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. [Online]. Tersedia: http://staff.uny.ac.id. [19 November 2013].

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., & Arora, A. 2012. TIMSS 2011 Internasional Result in Mathematics. Chestnut Hill, MA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Boston College. [Online]. Tersedia: http://timssandpirls.bc.edu. [31Desember 2013].

NCTM. 2003. Standards for Secondary Mathematics Teachers. [Online]. Tersedia: http://www.ncate.org. [19 November 2013].

Rosnawati, R. 2013. Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 18 Mei 2013. [Online]. Tersedia: http://staff.uny.ac.id. [9 Januari 2014].

Sudarman. 2007. Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif Vol. 02 No. 02. [Online]. Tersedia: http://physicsmaster.orgfree.com. [19 November 2013].

Yuanari, Novita. 2011. Penerapan Strategi TTW (Think-Talk-Write) Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Kelas VII SMP 5 Wates Kulonprogo. [Online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id. [19 November 2013].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.