IDENTIFIKASI KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA GARIS SINGGUNG LINGKARAN

Anniya Mutiara Tsani, Arnelis Djalil, Sugeng Sutiarso

Abstract


This study aimed to know the mistakes of students in solving problems of circle tangent related to the understanding of conceptual and the causes of learning difficulties of students. This research was descriptive qualitative with grade 8th students of SMP Negeri 23 Bandar Lampung as research subject. The data collection techniques were conceptual understanding test and interview. The research results showed two types of faults, namely: (1) conceptual error, is in the high category, (2) procedural error, is in the high category. The causes of learning difficulties were, students motivation as internal factor with sufficient qualifications is in 56% and the using of methods and ways of teaching as external factor with a highly qualified teacher is in 77.78%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan persoalan garis singgung lingkaran yang berkaitan dengan pemahaman konsep dan penyebab kesulitan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan siswa kelas VIII E SMP Negeri 23 Bandar Lampung sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data adalah tes pemahaman konsep dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan dua jenis kesalahan yaitu, (1) kesalahan konseptual, berada pada kategori tinggi, (2) kesalahan prosedural, berada pada kategori tinggi. Penyebab kesulitan belajar siswa adalah motivasi belajar siswa (faktor internal) dengan kualifikasi cukup yaitu 56% dan penggunaan metode dan cara mengajar guru (faktor eksternal) dengan kualifikasi tinggi yaitu 77,78%.

Kata kunci: garis singgung lingkaran, kesalahan, pemahaman konsep


Full Text:

PDF

References


Agustina, Lia. 2009. Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Trigonometri. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nisa, Khoirun. 2011. Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II Pokok Bahasan panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran MTS Negeri Bonang Tahun Pelajaran 2010/2011. Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Rangga, Getrudis. 2013. Analisis Kesalahan dan Solusinya dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Linear Dua Variabel. [Online]. Tersedia: http://hipawidha.blogspot.com. [21 Januari 2014].

Slameto. 2003. Belajar & Faktor Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Ineka Cipta.

Suherman. Erman, dan Karso. 2001. Pengelolaan Kelas Interaksi Belajar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Umaya, Izmi. 2009. Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Lingkaran Kelas VIII Semester Genap SMP Wiyata Karya Natar Tahun Pelajaran 2006/2007. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Wardhani, Sri. 2010. Pembelajaran dan Penilaian Aspek Pemahaman Konsep, Penalaran dan Komunikasi, Pemecahan Masalah. Jogjakarta: PPPG Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.