PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MENGGUNAKAN MODEL PBL DENGAN KOOPERATIF TIPE STAD

Rika Ridayanti, Rini Asnawati, Haninda Bharata

Abstract


This descriptive research aimed to know the difference of student’s problem solving skill which used problem based learning and cooperative learning of STAD type. The population of this research was all students of grade 10th of SMAN 2 Pringsewu in academic year of 2013/2014 that was distributed into nine classes. The samples of this research were students of X IPA 4 and X IPA 5 class. The conclusion of this research was student’s mathematical problem solving skill which used cooperative learning of STAD type was higher than problem based learning.

Penelitian deskriptif ini bertujuan mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan problem based learning dan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Pringsewu tahun pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 dan X IPA 5. Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari pada problem based learning.

Kata kunci: problem based learning, kooperatif tipe STAD, kemampuan pemecahan masalah matematis


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Harismawan, T. 2011. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Pembelajaran Koopeatif Tipe STAD dan Pembelajaran Berbasis Masalah. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.

IEA. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. [Online]. Tersedia di http://timss.bc.edu. [6 November 2013].

Nurhadi, dkk. 2009. Pembelajaran Konstekstual (Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta: Gramedia Widiasarana.

OECD. 2010. PISA 2009 Results: What students Know and Can Do Students Performance in Mathematics, Reading, and Science (Volume i). [Online]. Tersedia di http://www.oecd.org. [6 November 2013].

Suryabrata, S. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, hal. 233-237.

Usman, Sudarmin. 2007. Strategi Pemecahan Masalah dalam Penyelesaian Soal Cerita di Sekolah Dasar. Malang: UM, hal. 342.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.