MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS

Khairuntika Khairuntika, Tina Yunarti, Sri Hastuti Noer

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the increasing of student’s mathematical representation skill which used TSTS cooperative learning compared to discuss learning. The population of this research was all grade eight students of Al-kautsar Junior High School of Bandar Lampung with samples were students of VIIIC and VIID class which were taken by purposive random sampling technique. The research data were obtained by test of mathematical representation skill. The conclusion of this research was TSTS cooperative learning could increase the student’s mathematical representation skill.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif TSTS dibandingkan pembelajaran diskusi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung dengan sampel siswa kelas VIII C dan VIII D yang diambil menggunakan teknik purposive random sampling. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan representasi matematis. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif TSTS dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.

Kata kunci: diskusi, representasi matematis, TSTS


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Effendi, Leo Adhar. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian pendidikan UPI Volume 13 No. 2 Hal. 2. (Online). Tersedia di http://jurnal.upi.edu. [diakses 29 Desember 2013].

Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Prestasi Pelajar.

Hutagaol, Kartini. 2013. Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung Volume 2 No.1 Hal. 91. (Online). Tersedia di http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id. [diakses 29 Desember 2013].

Pangaribuan, Rismawaty. 2013. Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Meningkatkan Aktivitas Belajar PKn Kelas IV SDN 11 Sungai Raya. Artikel penelitian Universitas Tanjung Pura Hal.7. (Online). Tersedia di http://jurnal.untan.ac.id. [diakses 29 Desember 2013].

Suryana, Andri. 2012. Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Lanjut (Advanced Mathematical Thinking) dalam Mata Kuliah Statistika Matematika 1. Yogyakarta: Prosiding UNY MP41. (Online). Tersedia di http://eprints.uny.ac.id. [diakses 29 Desember 2013].

TIMSS and PIRLS. 2011. Relationships Among Reading, Mathematics, and Science Achievement at the Fourth Grade-Implications for Early Learning Michael and Mullis: TIMSS & PIRLS International Study Center. (Online). Tersedia di http://timss.bc.edu. [diakses 29 Desember 2013].

Wardhani, Sri. Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar (Belajar dari PISA dan TIMSS). Yogyakarta: Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.