EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Arief Ageng Sanjaya, Nurhanurawati Nurhanurawati, M. Coesamin

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of the implementation of guided-invention method towards mathematical conceptual understanding. This research design was post-test only control design. The population of this research was all students of grade X of SMK YPT Pringsewu in academic year of 2013/2014 which was distributed into fifteen class, while this research samples were students of grade X of TKJ 3 as experimental class and grade X of TKR 1 as control class which were selected by purposive random sampling. The conclusion of this research was the implementation of guided-invention method was effective viewed from students mathematical conceptual understanding.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode penemuan terbimbing  terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian ini adalah post-test only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK YPT Pringsewu tahun ajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam lima belas kelas, sedangkan sampel peneli­ti­­­­­­­­­an­ ini adalah siswa kelas X TKJ 3 sebagai kelas eksperimen dan X TKR 1 se­­­­­bagai kelas kontrol, yang dipilih melalui tek­nik­ purpo­­­­sive random sampling­. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode penemuan terbimbing efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci : konvensional, pemahaman konsep matematis, penemuan terbimbing


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Cochran, R., John Mayer, dan Bernadette Mullins. 2007. The Impact of Inqury-Based Mathematics on Context Knowledge and Classroom Practice. [Online]. Tersedia di http://sigmaa.maa.org. [11 April 2014].

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004: Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SMP dan MTs. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Markaban. 2006. Metode Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Putra, Eddy Permana. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD di Gugus 4 Kecamatan Busungbiu. [Online]. Tersedia di http://ejournal.undiksha.ac.id. [16 Juli 2014].

Rafianti, Isna. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Matematika Berbasis Multiple Intelligences Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep, Penalaran Matematis dan Self Confidence Siswa Mts. [Online]. Tersedia di http://repository.upi.edu. [16 Juli 2014].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.