PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Abstract
This quasi experimental research aimed to determine the effect of cooperative learning model of TPS type towards the student’s understanding of mathematical concepts. This research used posttest only control design. The population of this research was all grade seventh students of even semester of SMP Negeri 2 Seputih Raman in academic year of 2013/2014. The samples of this research were selected from five classes by purposive sampling technique. The VII A class was experimental clas and VII D was control class. Based on result of hypothesis test, it was found that student’s understanding of mathematical concepts in cooperative learning model of TPS type was higher that conventional learning model. Thus, it can be concluded that the cooperative learning model of TPS type affect towards the student’s understanding of mathematical concepts.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 2 Seputih Raman tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini dipilih dari lima kelas dengan teknik purposive sampling. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas konvensional. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh bahwa pemahaman konsep matematis siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.
Kata kunci: konvensional, pemahaman konsep matematis, TPSFull Text:
PDFReferences
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Duha, Adesnayanti K. 2012. Penerapan Model Think Pair Share terhadap Pemahaman Konsep. [Online]. Tersedia di http://ejournal.unp.ac.id. (Diakses pada 21 April 2014).
Lie, Anita. 2004. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Mullis, I.V.S., Martin, M.O.,Foy, P., Arora, A. 2012. TIMSS 2011 Internasional Results in Mathematics. United States: International Association for the Evaluation of Educational Achievement.
Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA UPI.
Sukandi, Ujang. 2003. Evaluasi Pembelajaran. [Online]. Tersedia di http://muhammadkholik.wordpress.com. (diakses pada 18 oktober 2013).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.