PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Qorri Ayuni, Caswita Caswita, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the influence of problem-based learning model on student’s mathematical problem solving skill. The population of this research was all of grade eighth students of SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung in academic year of 2013/2014 as many as 247 students that was distributed into six classes. By purposive sampling technique, it was chosen VIII D and VIII E class as samples. Based on the hypothesis test, it was found that the increasing of student's mathematical problem solving skill with the problem-based learning was higher than conventional learning. Thus, it can be concluded that the problem-based learning model affects the student's mathematical problem solving skill.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 247 siswa yang terdistribusi dalam enam kelas. Dengan teknik purposive sampling, terpilih kelas VIII D dan VIII E sebagai sampel. Berdasarkan pengujian hipotesis, diketahui bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari pembelajaran konvensional. Jadi, disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Kata kunci: konvensional, pembelajaran berbasis masalah, pemecahan masalah matematis


Full Text:

PDF

References


Amir, Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.

Boud, David and Feletti, Grahame I. 1997. The Challenge of Problem Based Learning 2nd Edition. London: Kogan Page.

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/ MTs. Jakarta: BSNP.

Ernawati, Dwi. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dan Model Pembelajaran Konvensional Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Skripsi. Surakarta: FKIP UNS. [Online]. Tersedia: http://eprints.uns.ac.id. [Januari 2014].

Erniwati. 2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Depok dengan Menggunakan LKS Berbasis PMR Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pokok Bahasan Panjang Garis Singgung Lingkaran. Skripsi. Yogyakarta: FMIPA UNY. [Online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id. [November 2013].

Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edisi Khusus, Nomor 1, Halaman 76-89. [Online]. Tersedia: http://jurnal.upi.edu. [Maret 2014].

Fatimah, Fatia. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Volume 16, Nomor 1, Halaman 40-50. [Online]. Tersedia: http://download.portalgaruda.org. [Februari 2014].

Hutchinson, Patricia. 2002. Children Designing and Engieering: Contextual Learning Units in Primary Design and Tecnology. Journal of Industrial Teacher Education, Volume 39, Number 3. [Online]. Tersedia: http:// scholar.lib.vt.edu. [Februari 2014].

Muchlis, Effie Efrida. 2007. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Di SMP Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, Volume 5, Nomor 2, Halaman 95-99. [Online]. Tersedia: http://jurnalexacta.files.wordpress.com. [April 2014].

_______________. 2012. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Exacta, Volume 10, Nomor 2, Halaman 136-139. [Online]. Tersedia: http://ebookbrowsee.net. [Maret 2014].

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, Pierre, and Arora, Alka. 2012. Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) 2011 International Result in Mathematics. Boston: TIMSS and PIRLS International Study Center.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wardhani, S., Guntoro, S. T., Sasongko, H. W., dan Wiworo. 2010. Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP. Yogyakarta: PPPPTK Matematika. [Online]. Tersedia: http://p4tkmatematika.org. [Januari 2014].

Widiyanti, Teti. 2011. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah. [Online]. Tersedia: http://repository. uinjkt.ac.id. [Desember 2013].

Woolflolk, Anita. 2004. Educational Psychology Ninth Edition. Boston: Pearson Education.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.