PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Beni Munandar, Rini Asnawati, Nurhanurawati Nurhanurawati

Abstract


This research aimed to investigate whether the implementation of cooperative learning model of TPS type could increase students mathematical communication ability. This research design was pretest-posttest control design. The population of this research was students of grade 8th of SMPN 9 Kota Metro in academic years of 2013/2014 which was distributed into seven class. The samples of this research were students in two classes who were taken by purposive random sampling technique. The research data were obtained by the test of mathematical communication ability. Based on hypothesis test, it was found conclusion that the implementation of TPS learning model did not increase students mathematical communication ability.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 9 Kota Metro tahun pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa pada dua kelas yang diambil dengan teknik purposive random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran TPS tidak meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: komunikasi matematis, konvensional, TPS


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, dkk. 2013. Improving Students’ Ability in Reading Comprehension Through Cooperative Learning (Think Pair Share). Jurnal Edisi Oktober, Volum 2, Nomor 10, Halaman 1-11. [Online]. Tersedia: jurnal.untan.ac.id. Diakses pada 13 November 2013.

Arifah, Muzayyanah. 2010. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di SMA Negeri 1 Godean. Tesis. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. [Online]. Tersedia: eprints.uny.ac.id. Diakses pada 15 Juni 2014.

Biyarti, Tunggu. 2013. Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Logaritma Ditinjau dari Kecerdasan Matematis Logis Siswa Kelas X pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2012/2013. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. [Online]. Tersedia: http://digilib.uns.ac.id. Diakses pada 15 Juni 2014.

Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edisi Khusus, Nomor 1, Halaman 76-89. [Online]. Tersedia: http://jurnal.upi.edu. Diakses pada 13 November 2013.

Shadiq, Fajar. 2008. Bagaimana Cara Mencapai Tujuan Pembelajaran di SMK?. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Trianto. 2009. Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: CV Ipa Abong.

Trihendradi, Cornelius. 2005. Step by Step SPSS 17.0 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.