PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS
Abstract
This research aimed to know the effect of the implementation of cooperative learning model of think pair share type towards student’s mathematical communication skill. The design of this research was pretest posttest control group design. The population of this research was all regular students of grade 8th of SMPN 1 Baradatu in academic year of 2013/2014 that was distributed into seven classes. The samples of this research were students of VIII D and VIII E class who were taken by purposive sampling technique. The research data were obtained by test of mathematical communication skill. The conclusion of this research was the implementation of cooperative learning model of think pair share type affect towards the student’s mathematical communication skill.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII reguler SMPN 1 Baradatu tahun pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII D dan VIII E yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Kata kunci: komunikasi matematis, konvensional, think pair share
Full Text:
PDFReferences
BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muzayyanah, Arifah. 2009. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di SMA Negeri 1 Godean. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Pembelajaran Matematika Sekolah UNY, tanggal 6 Desember 2009. [Online]. Diakses di http://eprints.unsri.ac.id. pada 9 Mei 2014.
OECD. 2013. PISA 2012 Results in Focus. [Online]. Diakses di http://www.oecd.org. pada 13 Desember 2013.
Qohar, Abdul. 2010. Mengembangkan Kemampuan Pemahaman, Koneksi dan Komunikasi Matematis Serta Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP Melalui Reciprocal Teaching. [Online]. Diakses di http://repository.upi.edu. pada 25 Mei 2014.
Wardhani, Sri. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/ MTs Untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. [Online]. Diakses di http://p4tkmatematika.org. pada 6 Mei 2014.
Wardhani, Sri dan Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP:Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: PPPPTK. [Online]. Diakses di http://p4tkmatematika.org. pada 2 Desember 2013.
Widjajanti, Bondan D. dan Wahyudin. 2010. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Strategi Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah. [Online]. Diakses di http://staff.uny.ac.id. pada 4 Desember 2013.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.