PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Zuma Herdiyanti, Arnelis Djalil, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effect of cooperative learning model of STAD type towards students mathematical communication skills. The research design which was used was post-test only control group design. The population of this research was all students of grade 8thof SMPN 28 Bandarlampung in academic year of 2013/2014. Randomly, it was chosen VIII A and VIII D class as research samples. The research data were obtained by test of mathematical communication skills. Based on result of data analysis, it can be concluded that the cooperative learning model of STAD type affects the students mathematical communication skills.

Pene­liti­an eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 28 Bandarlampung tahun pelajaran 2013/2014. Secara acak terpilih kelas VIII A dan VIII D sebagai sampel penelitian. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: komunikasi matematis, pembelajaran kooperatif, STAD


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV Eko Jaya.

Furchan, Arief. 2007. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

OECD. 2013. PISA 2012 Results in Focus What 15-year-olds Know and What They Can Do With What They Know. [Online]. Tersedia: http://www.oecd.org. (diakses pada tanggal 14 November 2013).

Qohar, Abd. 2011. Pengembangan Instrumen Komunikasi Matematis Untuk Siswa SMP. [Online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id. (diakses pada tanggal 05 November 2013).

Siregar, Syofian. 2012. Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Grafindo Persada.

Sudijono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trihendradi, Cornelius. 2005. Step by Step SPSS 17.0 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: Andi Offset.

Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: CV. Ipa Abong.

Wardhani, Sri dkk. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Pen-jaminan Mutu Pendidikan. [Online]. Tersedia: http://p4tkmatematika.org. (diakses pada tanggal 10 Juni 2014).

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wijaya, Adi. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooeratif Tipe STAD terhadap Prestasi, Motivasi, dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa. [Online]. Tersedia: http://p4tkmatematika.org. (diakses pada tanggal 04 November 2013).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.