PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Eka Ansbi Putri, Sugeng Sutiarso, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the influence of problem based learning towards mathematical conceptual understanding. The design of this research was post-test only control design. This research population was all students of grade VIII of SMP Negeri 20 Bandar Lampung in the academic year of  2013/2014 which was distributed into 7 classes. This research samples were students of VIII.D and VIII.G class. Based on the analysis of data, it can be concluded that the students’ mathematical conceptual understanding in problem based learning was higher than students’ mathematical conceptual understanding in conventional learning. Thus, the implementation of the problem based learning had influence towards  mathematical conceptual understanding.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian ini adalah post-test only control design. Popu­lasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi ke dalam 7 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.D dan VIII.G. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penerapan pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika.

Kata kunci: konvensional, pemahaman konsep matematis, pembelajaran berbasis masalah


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2013 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV Eko Jaya.

_________. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Rahayu, P, S, Mulyani, S, Miswadi. 2012. Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. (Online) Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii. (diakses pada 13 Februari 2014).

Sagala, Syaiful. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.