PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Abstract
This quasi experimental research aimed to know the influence of the cooperative learning model of two stay two stray type towards the student’s mathematical communication ability. The population of this research was all of grade seventh students in second semester of SMP Al- Azhar 3 Bandar Lampung in academic year 2013/2014 as much as 281 students who where distributed into 7 classes. Then, it was taken two classes, that were VII F and VII G class as samples by purposive random sampling technique. Based on the data analysis, it was concluded that the cooperative learning model of two stay two stray type influences the student's mathematical communication ability. It was shown by gain of the student's mathematical communication ability with the cooperative learning model of two stay two stray type was higher than conventional learning.
Penelitian ekperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Al–Azhar 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 281 siswa yang terdistribusi dalam 7 kelas. Kemudian, diambil 2 kelas yaitu kelas VII F dan VII G sebagai sampel melalui teknik purposive random sampling. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray lebih tinggi dari pembelajaran konvensional.
Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray, pembelajaran konvensional
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
BNSP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta. [online]. Tersedia di http://matematika.upi.edu/wp-content/uploads/2013/02/Buku-Standar-Isi-SMP.pdf. [21 Maret 2014]
Fraenkel, Jack R. and Wallen, Norman E. 2010. How To Design And Evaluate Research In Education. New York: McGraw Himm Inc.
Guza, Afnil. 2008. Undang-Undang Sisdiknas dan Undang-Undang Guru Dan Dosen. Jakarta: Asa Mandiri.
Hake, RR. 1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. Indiana: Indiana University. [online]. Tersedia di http://web.mit.edu/rsi/www/2005/misc/minipaper/papers/hake.pdf. [02 April 2014].
Mayasari, Dian. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Siswa Kelas XI IPA 5 SMAN 1 Purwosari Pasuruan. Malang: Univesitas Negeri Malang. [Online]. Tersedia di http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikelEEA1F0CF37BDA5639F120B9F120B941C8A8508.pdf. [11 Maret 2014].
Mira. 2012. Uji Asumsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia. [Online]. Tersedia: http://arsip.uii.ac.id/files/2012/04/Mira-Statistika-pertemuan-ke-13-UJI-ASUMSI-2.doc. [26 February 2014].
Mullis, Ina V.S. Michael O. M. Pierre F. And Alka A. 2012. TIMSS 2011 International Result in Mathematics. USA: TIMSS & PIRLS International Study Center.
Pangaribuan, R. 2013. Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Meningkatkan Aktivitas Belajar PKN Kelas IV SDN 11 Sungai Raya. Pontianak: Universitas Tanjungpura. [Online]. Tersedia di http://Jurnal.Untan.ac.id/Index.Php/Jpdpb/Article/Viewfile/1449/Pdf. [9 April 2014]
Puspaningtyas, Nicky D. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. (Suatu Penelitian Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 28 Bandar lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.
Salikhah, Maratu dan Widjajanti, D.B. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Ts-Ts (Two Stay-Two Stray) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. [online]. Tersedia di http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/3130/43/363. [11 Maret 2014].
Sukirno. 2008. Pelatihan Analisis Data. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. [online]. Tersedia di http://blog.uny.ac.id/sukirno/files/2011/09/MODUL-ANALISIS-DATA-DENGAN-SPSS-29-APRIL.doc. [10 Maret 2014].
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ulfah, fitriah. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Komunikasi MateMatik Siswa. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Jakarta. [online]. Tersedia di http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/3725/1/FITRIAH%20ULFAH-FITK.pdf. [3 november 2013].
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.