ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA

Made Pretty Ariestina SD, Tina Yunarti, Sugeng Sutiarso

Abstract


This descriptive qualitative research was aimed to find the percentage of students who have difficulty in solving word problems and it’s cause. The subject of this research was students of VIII B class of SMP Negeri 2 Banjit. The data were obtained by test and interview. According to the result of research, 7 of 28 students or 25% of students have difficulty in solving word problems. Based on the data analysis, the main cause of it’s difficulty was students did not master the prior concepts as many as 20%. Another factors which give influence were (1) physical factor as many as 12,5%, (2) psychology factor as many as 62,5%, and (3) exhaustion factor as many as 25%.

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui persentase siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita dan penyebabnya. Subjek peneli­ti­­­­­­­­­an ini­ adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Banjit. Data diperoleh melalui tes dan wawancara. Ber­dasar­­kan hasil penelitian, 7 dari 28 siswa atau 25% siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita. Berdasarkan analisis data, penyebab utama kesulitan tersebut adalah siswa tidak menguasai konsep-konsep sebelumnya sebesar 20%. Faktor lain yang mempengaruhinya adalah (1) faktor jasmaniah sebesar 12,5%, (2) faktor psikologis sebesar 62,5%, dan (3) faktor kelelahan sebesar 25%.

Kata kunci: analisis, kesulitan, soal cerita


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Abidin, Zamal. 1989. Studi Tentang Prestasi Siswa Kelas VI SD Negeri di Kodya Banda Aceh dalam Menyelesaikan Soal Hitungan dan Soal Cerita. Tesis. Malang: PPs IKIP Malang [Online]. Tersedia: http://id.shvoong.com/writingandspeaking/ presenting/2063170-soal-cerita matematika/#ixzz2JWYZfHO2. (3 Feb 2013).

Lambertus. 2007. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Peubah Bentuk Soal Cerita pada Kelas II SLTP Negeri 3 Moramo. Jurnal Ilmiah Indonesia. Universitas Haluoleo. [online]. Tersedia: http://isjd.pdii.lipi.go.id index.php/Search.html?act=tampil&id=6488&idc=32 . Volume 14, Nomor 2. (19 Januari 2013).

Madechan dan Brillante Nena Desiana. 2008. Media Benda Nyata untuk Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Diskalkulia. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, April 2008, Volume 4,Nomor 1.

Setiyawati, Indra. 2011. Identifikasi Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pelajaran Segitiga dan Segiempat Siswa Kelas VIII SMP Negeri Depok Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Yogyakarta: UNY. [online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/1892/1/ Skripsi_Indra_ Setiyawati.pdf. (19 Januari 2013).

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjendikti Depdiknas.

Widdiharto, Rachmadi. 2008. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remidinya. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Widhiastuti, Mella Putri. 2009. Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita pada Pelajaran Matematika Kelas VII Semester Ganjil SMP Tri Sukses Natar Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.