PENERAPAN PBM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY
Abstract
This research aimed to know the increasing of student’s mathematical creative thinking skill and self-efficacy who taught by the problem based learning. The population of this research was all students of grade 8th of SMPN 22 Bandarlampung in academic year of 2013/2014 that were consist of nine classes, then obtained two classes as sample that was taken by purposive sampling technique. Based on data analysis, it was concluded that the problem based learning could increase the student’s mathematical creative thinking skill, but not increase the student’s self-efficacy.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-efficacy siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Bandarlampung tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 9 kelas, kemudian diambil 2 kelas sebagai sampel melalui teknik purposive sampling. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, namun tidak dapat meningkatkan self-efficacy siswa.
Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif matematis, pembelajaran berbasis masalah, self-efficacyFull Text:
PDFReferences
Anjum, Rubeena. 2006. The Impact of Self-Efficacy of Mathematics Achievement in Primary School Childrent. Pakistan Journal in Psycological Research Vol. 21. No. 3-4, Hlm. 61-78. [online]. Diakses di www.pjprnip.edu.pk/pjpr/index.php/pjpr/article/viewFile/95/83 tanggal 29 September 2013.
Gunawan, Hendra. 2012. Gender dalam Perspektif Academic Self-Efficacy dan Kecurangan Teknologi Informasi. Jurnal Integrasi 2012 Vol. 01. No. 06. Hlm. 54–61. [online]. Diakses di http://www.p2m.polibatam.ac.id/wp-content/uploads/2013/07/Microsoft-Word-11-Jurnal-Integrasi-2012.Hendra-Gunawan.pdf tanggal 08 Januari 2014.
Herman, Tatang. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist Vol. 01. No. 01. Hlm. 47–56. [online]. Diakses di http://www.103.23.244.11/Direktori/JURNAL/EDUCATIONIST/Vol._I_No._1-Januari_2007/6_Tatang_Herman.pdf. tanggal 29 September 2013.
Kisti, Hepy H. dan Fardana N., Nur Ainy. 2012. Hubungan Antara Self Efficacy dengan Kreativitas pada Siswa SMK. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental Vol. 01. No. 02. Hlm. 52–58. [online]. Diakses di http://www.journal.unair.ac.id/fil erPDF/110710121_1v.pdf tanggal 29 September 2013.
Napitupulu, Ester L. 2012. Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun. Harian Kompas 14 Desember. [online]. Diakses di http://www.edukasi.kompas.com/read/2012/12/14/09005434 tanggal 02 Februari 2014.
Noer, Sri Hastuti. 2012. Self-efficacy Mahasiswa Terhadap Matematika. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY tanggal 10 November 2012. [Online]. Diakses dih ttp://www.eprints.uny.ac.id/100/98./1/P%20-%2086.pdf tanggal 01 November 2013.
OECD. 2013. PISA 2012 Result In Focus. [online]. Diakses di http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf tanggal 29 November 2013.
Usmeldi. 2013. Penerapan Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Negeri 1 Padang. Prosiding Semirata FMIPA Unila [online]. Diakses di http://www.jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/semirata/article/download/715/535 tanggal 6 Februari 2014.
Zulkosky, Kristen. 2009. Self-Efficacy: A Concept Analysis. In Journal Compilation Vol. 44. No. 2. Hlm. 93-02. [Online]. Diakses di http://www.fatih.edu.tr/~hugur/self_confident/Self-Efficacy.A%20concept%20analysis.PDF tanggal 22 November 2013.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.