PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Decky Saputra, Sri Hastuti Noer, Nurhanurawati Nurhanurawati

Abstract


This study aimed to determine the improvement of students mathematical communication skills on the implementation of cooperative learning model of student team heroic leadership compared with conventional learning. The study design was pretest posttest control design. Based on the analysis of data, it was found that the mean and indicators achievement of mathematical communication skills in STHL model was higher than conventional learning. The conclusion of this study was mean of improvement of mathematical communication skills of students in STHL model was higher than students in conventional learning.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada penerapan model pembel­ajaran kooperatif tipe student team heroic leadership dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control design. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa rata-rata dan pencapaian indikator kemampuan komunikasi matematis pada model STHL lebih tinggi daripada pembelajar­an konvensional. Kesimpulan penelitian ini adalah rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STHL lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, pembelajaran konvensional, STHL

 


Full Text:

PDF

References


Agustina, M. 2009. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Melalui Penerapan Pembelajaran Generatif. Skripsi Sarjana Pendidikan Matematika. Bandung: FPMIPA UPI. Tidak diterbitkan. [online]. Tersedia: http://repository.upi.edu/skripsiview.php?no_skripsi=9369. [10 November 2013].

Amalia, L. 2006. Penerapan Metode Improve dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Komputer untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Skripsi. Bandung: FPMIPA. Tidak Diterbitkan. [online]. Tersedia: http://repository.upi.edu/skripsilist.php. [10 November 2013].

Furchan, A. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Ruseffendi, E.T. 2006. Pengantar Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematuka untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Setyanty, Desy R. 2007. Efektivitas Pembelajaran Matematika Bangun Ruang dengan Strategi Student Team Heroic Leadership dan Pemberian Tugas Terstruktur pada Peserta Didik Kelas VIIII SMPN 15 Semarang. Skripsi Sarjana Pendidikan Matematika. Semarang: FMIPA Unes. Tidak Diterbitkan. http://lib.unnes.ac.id/1876/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.