Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematis pada Domain Geometri Menurut Teori Kastolan

Syifa Subhiyati Syam, Etika Khaerunnisa, Ade Nandang Mustafa

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tes literasi matematis pada domain geometri menurut teori Kastolan serta faktor penyebab kesalahan siswa. Dengan mengetahui kesalahan-kesalahan tersebut menjadi salah satu cara untuk dapat mengetahui kemampuan siswa dan lebih mudah dalam mencari solusi yang tepat untuk mengatasi kesalahan yang dilakukan siswa. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa kelas IX A SMPN 14 Kota Serang yang mengalami kesalahan berdasarkan teori Kastolan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes literasi matematis sebanyak 5 soal yang berbentuk soal uraian berfokus pada domain geometri dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada kesalahan konseptual terjadi pada saat siswa salah dalam menerapkan rumus volume tabung, keliru menentukan tinggi segitiga dengan tinggi limas, kesalahan pada konsep teorema Pythagoras, kesalahan satuan luas dan volume. Pada kesalahan prosedural terjadi ketika tidak mampu memanipulasi langkah penyelesaian mencari panjang sisi dengan memanfaatkan rumus luas persegi dan keliling persegi, tidak mampu menjelaskan penyelesaian volume tabung. Pada kesalahan teknik terjadi ketika siswa mengalami kesalahan dalam menjumlah total luas kios yang digabungkan, kesalahan menghitung total panjang lampu pada sisi tegak segitiga, kesalahan menghitung hasil perkalian menentukan panjang sisi persegi, tidak menuliskan kesimpulan akhir, kesalahan operasi perkalian desimal, tidak mampu memberikan hasil pembuktian benar atau salah. Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa karena kurangnya memahami materi prasyarat mengenai konsep persegi, persegi panjang, tabung, dan limas. Hal ini dikarenakan kebiasaan siswa yang hanya menghafal rumus tanpa mengetahui asal rumus tersebut.

References


Anggraini, N., Utomo, D. P., & Azmi, R. D. (2023). Analysis of Student Errors in Solving Minimum Competency Assessment Problems Based on Kastolan Theory. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1–10.

Bariyyah, K., & Amelia, R. (2020). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas IX SMP di Kota Cimahi 1,2. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 403–414.

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–66. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110

Fazzilah, E., Effendi, K. N. S., & Marlina, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Uncertainty dan Data. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1034–1043. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.306

Firli, & Tasman, F. (2021). Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas XI Mia SMA Negeri 1 Painan Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 10(3), 38–43.

Fitriyani, I., Astuti, E. P., & Nugraheni, P. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Geometri Materi Bangun Datar pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(2), 163–174.

Hakim, I. D., Ramlah, & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Berdasarkan Tahapan Kastolan. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(1), 70–87.

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In CV. Pustaka Ilmu Grup Yogyakarta (Issue March).

Hasanah, M., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Pada Soal Matematika PISA Konten Quantity dan Konten Change and Relationship. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 157–166.

Imtinan, K. F., & Susanti, E. (2023). Analisis Kesalahan Koneksi Matematis Pada Soal Non Rutin Materi Bangun Datar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1), 104–118. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v10i1.7623

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024.

Khoirunnisa, S., & Adirakasiwi, A. G. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP pada Era Merdeka Belajar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(3), 925–936. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17393

Kastolan. (1992). Identifikasi Jenis-Jenis Kesalahan Menyelesaikan Soal-Soal Matematika yang dilakukan Siswa Kelas 2 Program A 1 SMA Negeri Se-Kotamadya Malang. Malang: IKIP Malang.

Lestari, R. D., & Effendi, K. N. S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 63–73. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1221

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300.

Mutia, M. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP Kelas IX dalam Memahami Konsep Tabung dan Alternatif Pemecahannya dengan Pendekatan Pemecahan Masalah. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 1–21.

OECD. (2023). PISA 2022 Insights and Interpretations. Paris: OECD Publishing.

Patri, S. F. D., & Heswari, S. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VIII SMP Se-Kota Sungai Penuh Dalam Menyelesaikan Soal AKM. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 232–237. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.919

Putri, R. D., & Kartini. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Teorema Pythagoras berdasarkan Teori Kastolan. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 360–372.

Remme, V. B., & Palengka, I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sangalla Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Penjumlahan Bilangan Pecahan. Jurnal KIP, 8(2), 57–65.

Safitri, A., & Khotimah, R. P. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 24–34.

Saputri, L. D., Permatasari, R., & Septiadi, W. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA di SMP Kabupaten Melawi. Literatus, 4(1), 98–103. https://doi.org/10.37010/lit.v4i1.667

Sari, D. R., Lukman, E. N., & Muharram, M. R. W. (2021). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi Sekolah Dasar. Fondatia, 5(2), 153–162.

Sastrio, H., Susanta, A., & Maizora, S. (2020). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal luas permukaan prisma di kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(1), 212–219.

Sonia, A., Suanto, E., Kartini, & Maimunah. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Tipe AKM Numerasi pada Domain Geometri. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 12(1), 34–45.

Ulfa, D., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 542–550. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.507

Warmi, A. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Lingkaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 297–306.

Wijaya, A., & Dewayani, S. (2021). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). In Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian, Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yani, Y., & Fauzan, A. (2021). Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Geometri SMP. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 10(3), 92–97.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.