Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Abstract
This research aims to determine the effect of the Realistic Mathematics Education approach on mathematics conceptual understanding skill. The population in this study was all students in class VIII of SMP Negeri 20 Bandar Lampung for the 2023/2024 academic year, distributed into 10 classes. The sample for this research was students in class VIII-A as an experimental class consisting of 30 students and VIII-C as a control class consisting of 29 students selected using a purposive random sampling technique. The research design used was a pretest-posttest control group design. Based on the results of the t-test, it was found that the average ability to mathematics conceptual understanding skill of students who took learning using the Realistic Mathematics Education approach was higher than the average mathematics conceptual understanding skill of students who took conventional learning. Thus, learning with the Realistic Mathematics Education approach influences mathematics conceptual understanding skill.
Keywords: influence; mathematics conceptual understanding skill; realistic mathematics education
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun pelajaran 2023/2024 yang terdistribusi ke dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 29 siswa yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dengan instrumen lembar tes pemahaman konsep matematis yang sudah memenuhi kriteria valid dan reliabel. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education lebih tinggi daripada ratarata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Kata Kunci: pengaruh; pemahaman konsep matematis siswa; realistic mathematics education
DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v12i1.pp75-88
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amran, J. I., Perkasa, M., dan Satriawan, M. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Nilai Pendidikan Karakter untuk Generasi Indonesia Abad 21. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22 (2), 233-242. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/6296/7801.
Anggriani, A., dan Septian, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kebiasaan Berpikir Siswa Melalui Model Pembelajaran Improve. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2 (2), 105-116. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i2.4550.
Baharuddin, M. (2020). Konsep Pecahan dan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3 (3), 486-492. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.3.2020.442.
Diana, N., dan Turmudi. (2021). Kesiapan Guru dalam Mengembangkan Modul Berbasis STEM untuk Mendukung Pembelajaran di Abad 21. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (2), 1-8. researchgate.net/publication/367824366.
Hernawati, F. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan PMRI Berorientasi pada Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3 (1), 34-44. https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/9685/8133.
Istikomah, D. A., dan Jana, P. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Saintifik dalam Perkuliahan Aljabar Matrik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia. 972-932. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2438.
Julie, H., Suwarsono, S., dan Juniari, D. 2014. Understanding Profile from The
Philosophy, Principles, and Characteristics of RME. Mathematical Society
Journal on Mathematical Education, 5 (2). 148-159. https://eric.ed.gov/?id=EJ1079564.
Kurniati, D., Harimukti., dan Jamil, N. A. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142-155. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/8058/8444.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40. https://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/article/view/5813.
Megantara, M. I., Asnawati, R., dan Gunowibowo, P. (2017). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5 (7), 830-841. https://core.ac.uk/download/pdf/295479592.pdf.
Munayati, Z., Zulkardi, Z., dan Santoso, B. (2015). Kajian Soal Buku Teks Matematika Kelas X Kurikulum 2013 Menggunakan Framwork PISA. Jurnal Pendidikan Matematika. 9 (2), 188-206. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/2161.
Nahdi, D. S. (2019). Keterampilan matematika di abad 21. Jurnal cakrawala pendas, 5(2), 133-140. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1386.
Nasem, N. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Realistic Mathetmatic Education(RME) Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Tahsinia, 1 (1), 73-81. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.42.
Ningsih, (2014). Realistic Mathematics Education : Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. JPM IAIN Antasari, 1(2), 73-94. semanticscholar.org/reader/2363186a91592a3b36e8bd9144c537b249c65fd7.
Novitasari, L., dan Leonard. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Fakultas Teknik, Matematika, Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI. 758-766. https://core.ac.uk/download/pdf/236198835.pdf.
Nugraheni, E. A., dan Sugiman. (2013). Pengaruh Pendekatan PMRI Terhadap Aktivitas Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 8 (1), 10-18. https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/download/8498/7011.
Nurhayanti, H., Hendar, H., dan Kusmawati, R. (2022). Model Realistic Mathematic Education Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Pecahan. Jurnal Tahsinia, 3(2), 156-166. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.334.
Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., dan Desi, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP di Bandung Barat. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. 11 (1), 19-30. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2981.
Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika 6 (1), 1-8. https://dx.doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8.
Rahmayanti, L., Salasi, R., dan Maidiyah, E. (2022). Penerapan Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Peluang, 10 (1). https://ojs.uph.edu/index.php/JOHME/article/view/2818.
Retnowati, P., dan Ekayanti, A. (2020). Think Talk Write Sebagai Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa. Sigma, 6(1), 17-25. https://doi.org/10.36513/sigma.v6i2.863.
Rostina., Achmadi., dan Okianna. (2013). Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa pada Pelajaran Akuntansi Kelas XII IPS di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 2 (3), 1-11. https://media.neliti.com/media/publications/216415-faktor-yang-mempengaruhi-kesulitan-belaj.pdf.
Sarjan. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas XI MA Darul Aman Mataram tahun Pelajaran 2019/2020. Thesis. UIN Mataram. http://etheses.uinmataram.ac.id/1732/1/Sarjan151124141.pdf.
Setyawan, Y. R., dan Wijaya, A. (2022). Pengaruh pendekatan pembelajaran realistic mathematics education (RME) berbantuan geogebra terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Jurnal Pedagogi Matematika 8 (1), 135-141. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/article/view/18694/17506.
Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suwartini, S. (2017). Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1) 220-234. Tersedia di: https://media.neliti.com/media/publications/259090-pendidikan-karakter-dan-pembangunan-sumb-e0cf1b5a.pdf.
Wijayanti, W., dan Fathurrahman, M. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Petuasina Berbasis Adobe Flash Pada Muatan Pembelajaran Matematika Kelas V SD. Joyful Learning Journal, 12(3), 146-151. https://journal.unnes.ac.id/sju/jlj/article/view/76042/26090.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.