Kebutuhan Penggunaan Media Berupa Video Pembelajaran Matematika bagi Siswa Tunagrahita

Rina Agustina, Yeni Rahmawati ES

Abstract


In studying integer arithmetic operations, mentally retarded students use more learning using teaching materials that are still abstract and difficult to understand. The purpose of this study was to analyze the need for media use in the form of mathematics learning videos for mentally retarded students. This type of research is descriptive qualitative research. The data sources for this study were 3 teachers who taught mentally retarded students in class III elementary school (SD) at SDLB Negeri Metro. The instruments in this study were a needs questionnaire for the development of instructional video media, observation sheets and interview guidelines. Data collection techniques in this study were carried out by distributing questionnaires, observations, and interviews. Based on the results of the analysis and discussion, it can be interpreted that: (1) Media is needed in the form of mathematics learning videos that are in accordance with the conditions of mentally retarded students, (2) already know the numbers 1 to 10 and can add up to a value of 10, (3) it is still possible to use learning media with teacher guidance, and (4) students are more interested in using learning videos in learning mathematics.

 Keywords: mathematics; mentally disabled students; tutorial video

 

Abstrak

Dalam mempelajari operasi hitung bilangan bulat, siswa tunagrahita lebih banyak menggunakan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang masih bersifat abstrak dan sulit dipahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan penggunaan media berupa video pembelajaran matematika bagi siswa tunagrahita. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah 3 orang guru yang mengajar siswa tunagrahita kelas III Sekolah Dasar (SD) SDLB Negeri Metro. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket kebutuhan pengembangan media video pembelajaran, lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat diartikan bahwa: (1) Diperlukan media berupa video pembelajaran matematika yang sesuai dengan kondisi siswa tunagrahita, (2) sudah mengetahui angka 1 sampai 10 dan dapat dijumlahkan hingga bernilai 10, (3) masih memungkinkan untuk menggunakan media pembelajaran dengan bimbingan guru, dan (4) siswa lebih tertarik menggunakan video pembelajaran dalam pembelajaran matematika.

Kata Kunci: matematika; siswa tunagrahita; video tutorial

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v12i1.pp1-10


References


Dewi, Y. A. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Operasi Hitung Campuran Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunagrahita. SENDIKA: Seminar Nasional Pendidikan FKIP UAD., II(1), 220 - 228.

Fadillatul, H. d. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas IX di Slb Negeri 1 Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar. Ranah Research: Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 2(2), 93 - 103.

Hartariani, L. L. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran 3 Dimensi Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Penyandang Tunagrahita (Studi Kasus: Siswa Kelas D2/Semester 2 SLB C Negeri Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2), 137 - 147.

Rockhim, D. A. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Berbagai Aplikasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Sains Untuk Siswa Tunagrahita: Literature Review. UNESA Journal of Chemical Education, 12(1), 37 - 43.

Sambira. Rusminanti, S. H. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Sex Education untuk Anak Tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia, 8(1), 80 - 83.

Tama, N. C. (2022). Analisis Kebutuhan Siswa Terhadap Media Video Animasi Dalam Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 315 - 324.

Trialani, S. S. (2022). Analisis Kebutuhan Video pada Pembelajaran Matematika Mahasiswa Calon Guru di Masa Pandemi Covid-19. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 317 - 330.

Trilani, S. S. (2022). Analisis Kebutuhan Video Pada Pembelajaran Matematika Mahasiswa Calon Guru Di Masa Pandemi Covid 19 (Vol. 10). Madiun: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

Utami, A. D. (2014). Strategi Guru Dalam Membelajarkan Matematika Pada Materi Lingkaran Kepada Anak Tunagrahita. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(8), 853 - 864.

Utami, W. Z. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Konsentrasi Dan Minat Belajar Siswa Tuna Grahita. Jurnal Teknologi Pendidikan., 2(1), 76 - 87.

Wandi, S. N. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 2(8), 524 - 535.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.