EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Abstract
This research aimed to know the effectiveness of learning strategy of Think Talk Write considered by student’s mathematical communication ability. The population of this research was grade eighth students of Junior High School State 29 Bandar Lampung in academic year 2012/2013. The samples were chosen by purposive random sampling technique. The design of this research was pretest-posttest control group design. Based on analysis of data, it was founded that gain of student’s mathematical communication ability with strategy of Think Talk Write was higher than gain of student’s mathematical communication ability with conventional learning, but the student’s mastery learning with strategy of Think Talk Write didn’t reach the target. Thus, it can be concluded that strategy of Think Talk Write was not effective considered by student’s mathematical communication ability.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran Think Talk Write ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik purposive random sampling. Desain dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan strategi pembelajaran Think Talk Write lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran konvensional, tetapi ketuntasan belajar siswa dengan strategi pembelajaran Think Talk Write tidak memenuhi target. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Think Talk Write tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.
Kata kunci: efektivitas, kemampuan komunikasi matematis, think talk write
Full Text:
PDFReferences
Ansari, B. 2009. Komunikasi Matematik Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Yayasan Pena.
Fleischman, Howard L. et al. 2010. PISA Result: What Students Know and Can Do-Student Performance in Reading, Ma-thematics, and Science. [On-line]. Tersedia: http://www. oecd.org/pisa/pisaproducts/48852548.pdf (diakses pada 25 Januari 2013).
Guza, Afnil. 2009. Undang-Undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) 2003. Jakarta: Asa Mandiri.
Halmaheri. 2005. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Matematika Peserta Didik SLTP Melalui Belajar dalam Kelompok Kecil dengan Strategi Think Talk Write. [Online]. Tersedia: http://pagesyourfavourite.com/ppupsi/abstrakmat2005.html. (diakses pada 10 Januari 2013).
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Yamin, H. M. dan Bansu I. Ansari. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.