Hambatan Epistemologis Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Ruang Hasil Kali Dalam

Agung Putra Wijaya, Rini Asnawati, Caswita Caswita

Abstract


The ability to solve problems is one of the important competencies that students must master, including problems of inner product spaces encountered in Vector Algebra lectures. However, students' ability to solve problems based on this concept is not yet optimal. Therefore, this research was conducted with the aim of describing (1) the epistemological obstacles that hinder students in solving inner product space problems and (2) the causes of these obstacles. This research uses a qualitative approach with a phenomenological type involving students from the Bachelor of Mathematics Education Study Program, FKIP Universitas Lampung who are taking the Vector Algebra course. The subjects of this research were six students who were chosen with the consideration that these students made mistakes in solving problems. This research data was collected through technical tests and interviews. Data analysis was carried out qualitatively. The results of the research show that there are six epistemological obstacles experienced by students in solving inner product space problems and three causes that trigger these obstacles. The results of this study provide opportunities for further research by assessing appropriate scaffolding to overcome these epistemological obstacles.

 

Keywords: epistemological constraints; inner product space; vector algebra

 

Abstrak

Kemampuan memecahkan masalah merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dikuasai mahasiswa, termasuk masalah ruang hasil kali dalam yang ditemui pada perkuliahan Aljabar Vektor. Hanya saja, kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah pada konsep ini belum optimal. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan (1) hambatan epistimologis yang dihadapi mahasiswa dalam memecahkan masalah ruang hasil kali dalam dan (2) penyebab munculnya hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi dengan melibatkan mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lampung yang menempuh mata kuliah Aljabar Vektor. Subjek penelitian ini sebanyak enam mahasiswa yang dipilih dengan pertimbangan bahwa mahasiswa tersebut melakukan kesalahan dalam memecahkan masalah. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknis tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan metode perbandingan tetap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam hambatan epistimologis yang dialami mahasiswa dalam memecahkan masalah ruang hasil kali dalam dan tiga penyebab yang memicu hambatan tersebut. Hasil penelitian ini memberikan peluang penelitian selanjutnya dengan melakukan pengkajian terhadap scaffolding yang sesuai untuk mengatasi hambatan epistimologis mahasiswa dalam memecahkan masalah ruang hasil kali dalam dengan memperhatikan penyebab pemicu hambatan tersebut.

 

Kata Kunci: aljabar vektor; hambatan epistimologis; ruang hasil kali dalam

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v11i3.pp170-180


References


Alfansyur, A. & Mariyani. 2020. Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber, dan Waktu pada Penelitian Sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian, & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146 – 150.

Andina, E. 2017. Strategi Dosen dalam Pengondisian Perilaku Membaca Mahasiswa di Era Digital: Studi Kasus di Kalimantan Barat dan Sulawesi Selatan. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 8(2), 195 – 206.

Andriatna, R., Kurniawati, I., Wulandari, A. N. 2021. Profil Kemampuan Literasi Statistik Mahasiswa Calon Guru Matematika. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 7(1), 19 – 28.

Annur, M. F. & Hermansyah. 2020. Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 11(2), 195 – 201.

Anton, H. & Rorres, C. 2004. Aljabar Linier Elementer Versi Aplikasi. Jakarta: Erlangga.

Armiati. 2018. Mengembangkan Higher Order of Thinking Skill Melalui Pembelajaran Matematika ada Sekolah Menengah Kejuruan. Lemma: Letters of Mathematics Education, 4(1), 7 – 19.

Cresswell, J. W. 2014. Educational Resesarch: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitatif Research. Boston: Pearson Education, Inc.

Dewi, F. C., Mahani, P., & Wijayanti, D. 2021. Hambatan Epistemologis Siswa dalam Materi Persamaan Eksponen. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 1 – 14.

Dinata, K. B. & Hodiyanto. 2022. Implementasi Lesson Study Berbantuan E-Book Berbasis Sea Digital Learning (Sigil) untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah, 8(1), 111 – 123.

Elfiah, N. S., Maharani, H. R., & Aminudin, M. 2020. Hambatan Epistimologis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 11 – 22.

Eliyati, N. & Resti, Y. 2007. Gram-Schmidt dalam Menghitung Nilai Eigen Suatu Matriks. Jurnal Pendidikan Sains, 10(1), 151 – 156.

Fadlillah, M. 2018. Aliran Progresivisme dalam Pendidikan di Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 17 – 24.

Firmansyah, M. A. 2017. Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 115 – 127.

Fulhamdi, H., Sylviani, S., & Triska, A. 2023. Karakterisasi Keortogonalan Pythagoras di Ruang Hasil Kali Dalam. Sainsmath: Jurnal MIPA-Sains Terapan, 2(1), 1 – 8.

Gella, N. J. M. & Bien, Y. I. 2020. Aljabar Linier Dasar Berbasis IT. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Hadi, W. & Faradillah, A. 2020. Hambatan Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Bermuatan High-Order Thinking Skills. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 662 – 670.

Hartati, S., & Murtafiah, N., H. 2022. Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Lembaga Pendidikan Islam. An Naba: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam, 5(2), 86 – 102.

Husni, M. N. 2022. Diagonalisasi Operator Linear. Unisda Journal of Mathematics and Computer Science, 8(2), 7 – 13.

Husagian, J. 2008. Urgensi Literasi Informasi dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi. Pustaha: Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, 4(2), 34 – 44.

Maarif, S., Setiarini, R. N., & Nurafni. 2020. Hambatan Epistemologis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 72 – 89.

Meika, I. & Sujana, A. 2017. Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 8 – 13.

Maryani, S. 2009. Ketaksamaan Cauchy Schwarz pada Ruang Hasil Kali Dalam-2. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 1 – 6.

Miatun, A. & Rahmmatiya, R. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 187 – 202.

Moma, L. 2017. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Metode Diskusi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 130 – 139.

Moru, E. K. 2007. Talking With The Literature on Epistemological Obstacle. For the Learning of Mathematics, 27(3), 34 – 37.

Moru, E. K. 2009. Epistemological Obstacles in Coming to Understand the Limit of a Function at Undergraduate Level: a Case from the National University of Lesotho. International Journal of Science and Mathematics Education. 7(), 431 – 454.

Nurman, T. A., Aeni, N., & Dahsan, S. 2019. Diagonalisasi Dua Matriks Hermite Secara Simultan. Jurnal Matematika dan Statistika serta Aplikasinya, 7(1), 1 – 4.

Oktaviana, D., Noviani, E., & Fran, F. 2020. Transformasi Given dan Penerapannya. Bimaster: Buletin Ilmiah Matematika, Statistika dan Terapannya, 9(1), 213 – 222.

Oktaviyanthi, R. & Agus, R. N. 2018. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Calon Guru Melalui Keterampilan Fungsional Matematis. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 11(1), 1 – 19.

Oktaviyanthi, R. & Agus, R. N. 2019. Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Kategori Proses Literasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 163 – 184.

Parawansa, F. A. & Siswanto, R. D. 2021. Hambatan Epistemologis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Aritmatika Sosial Berdasarkan Gaya Belajar dan Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2532 – 2547.

Patnani. 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Problem Solving pada Mahasiswa. Jurnal Psikogenesis, 1(2), 130 – 142.

Rohimah, S. M. 2017. Analisis Learning Obstacle pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 1 – 12.

Saputra, R., Rosita, C. D., & Maharani, A. 2020. Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Topik Trigonometri. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 857 – 869.

Siswanto, R. D. 2020. Analysis Epistemological Obstacle Students in Completing Mathematical Stories Based on Cognitive Styles. Innovation in Elementary Education, 6(1), 1 – 12.

Sulistyorini, Y., Napfiah, S., Yazidah, N. I., Argarini, D. F., & Listiani, W. 2020. Profil Higher Order Thinking Skills Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 5(2), 87 – 97.

Sunarto, M. J. D., Budayasa, I. K., & Juniati, D. 2017. Profil Proses Berpikir Mahasiswa Tipe Kepribadian Sensing dalam Memecahkan Masalah Logika Matematika. Cakrawala Pendidikan. 36(2). 299 – 308.

Turmuzi, M., Sripatmi, Azmi, S., Hikmah, N. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Pijar MIPA, 13(1), 45 – 50.

Yunianta. 2014. Hambatan Seseorang Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Sosial Budaya, 16(2), 48 – 50.

Zamili, M. 2015. Menghindar dari Bias: Praktik Triangulasi dan Kesahihan Riset Kualitatif. Lisan Al-Hal: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 9(2), 283 – 304.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.