EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Endah Widyastuti, Caswita Caswita, Rini Asnawati

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of cooperative learning model of Numbered Heads Together (NHT) type considered by students understanding of mathematical concepts. The population of this research was all students of grade VII even semester of SMP Negeri 1 Trimurjo in academic year 2012/2013 totally 210 students that distributed into seven classes. The samples of this research were taken by purposive sampling technique and got VII E as experimental class and VII C as control class. The design of this research was posttest only control design. The data of research was the score of student’s understanding of mathematical concepts which obtain by posttest. Based on data analysis, student’s conceptual understanding of mathematics of cooperative learning model of NHT type was better than conventional learning. So, it was concluded that cooperative learning model of NHT type was effective considered by student’s mathematical conceptual understanding.

Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe NHT ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Trimurjo tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 210 siswa yang terdistribusi dalam tujuh kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini adalah posttest only control design. Data penelitian berupa nilai pemahaman konsep matematis siswa yang diperoleh melalui posttest. Berdasarkan hasil analisis data, pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, NHT, pemahaman konsep matematis


Full Text:

PDF

References


Arrahman, Rheza. 2012. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa .Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung. Tidak diterbitkan.

Balitbang. 2011. Survei Internasional TIMSS (Trends In International Mathematics and Science Study). [Online] Tersedia pada http://litbang.kemdikbud.go.id/detail.php? id=214. (diakses pada 23 Juli 2013).

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV Eko Jaya.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Lie, A. 2007. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.