EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS
Abstract
This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of cooperative learning model of Think Talk Write type towards student’s mathematical communication ability. Posttest only control design was used in this study. The population of this study was all students of grade IX of SMPN 2 Ngambur Pesisir Barat in academic year 2013/2014. The samples of this study were students of IX-A and IX-C class who taken by purposive sampling. The data research was quantitative data that acquired by student’s mathematical communication ability test. Based on data analysis, it can be concluded that cooperative learning model of Think Talk Write type was effective considered by student’s mathematical communication ability of grade IX students of Junior High School State 2 Ngambur Pesisir Barat in academic year 2013/2014.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think Talk Write) ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Ngambur Pesisir Barat tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian adalah siswa kelas IXA dan IXC yang diambil secara purposive sampling. Data penelitian ini merupakan data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Dari penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TTW efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX Semester Ganjil SMP Negeri 2 Ngambur Pesisir Barat tahun pelajaran 2013/2014.
Kata kunci: efektivitas, kemampuan komunikasi matematis, TTW
Full Text:
PDFReferences
Agustina, M. 2011. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Generatif. Repository UPI : tidak diterbitkan.
Depdiknas. 2005. Undang-undang Nomor 19 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006: Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Sinar Grafika.
Rahayu, Siska Sri. 2011. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Repository UPI: Tidak Diterbitkan.
Ruseffendi, E. T. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.