Profil Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear dan Matriks Mata Kuliah Aljabar Linear
Abstract
Abstract
Linear Algebra is one of the mathematical subjects that students majoring in Mathematics Education need to master, as it has connections with other fields, other mathematical topics, and plays a role in solving everyday life problems. Previous research indicates that the achievement of learning outcomes in Linear Algebra still needs further optimization. Therefore, this research was conducted with the aim of assessing the achievement of learning outcomes in Linear Algebra, specifically in the topics of Systems of Linear Equations and Matrices. This research utilized a qualitative descriptive research method. Data was collected through a linear algebra test comprising four questions related to Systems of Linear Equations (SLE) and matrices. Subsequently, the percentage of student learning outcomes achievement for each question and the total score were calculated and interpreted. The results of this study indicate that the overall learning outcomes of students fall into the moderate category with a percentage of 50.51%. When examining each individual question, three questions fall into the moderate category, while one question falls into the high category.
Keywords: linear algebra; mathematics learning outcomes; matrix; system of linear equations
Abstrak
Aljabar Linear merupakan salah satu materi matematika yang perlu dikuasai mahasiswa Pendidikan Matematika karena memiliki keterkaitan dengan bidang lain, materi matematika lainnya, ataupun berperan dalam menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pencapaian hasil belajar Aljabar Linear masih perlu dioptimalkan lagi. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar Aljabar Linear pada materi Sistem Persamaan Linear dan Matriks. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes aljabar linear dengan materinya Sistem Persamaan Linear (SPL) dan matriks, yang terdiri dari 4 soal. Selanjutnya dihitung persentase pencapaian hasil belajar mahasiswa di tiap butir soal, dan pada skor totalnya, serta diinterpretasikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa secara keseluruhan berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 50,51%. Dilihat dari masing-masing butir soal, 3 soal berada pada kategori sedang, sedangkan 1 soal lainnya berada pada kategori tinggi.
Kata Kunci: aljabar linear; hasil belajar matematika; matriks; sistem persamaan linear
DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v11i3.pp193-203
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Adesemowo, P. O., & Sotonade, O. (2022). The Meaning and Scope of Education. In P. O. Adesemowo (Ed.), Basic of Education (pp. 1–9). Ago-Iwoye: Olabisi Onabanjo University.
Afriadi, J. (2018). Identifikasi Kesalahan dan Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Matematika Pada Topik SPLDV. Math Educa Journal, 2(2), 231–243.
Arikunto, S. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
BP, A. R., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Fitria, M., & Made Arnawa, L. (2014). Pengembangan Modul Aljabar Linear Elementer Bernuansa Konstruktivisme Berbantuan ICT. Jurnal Eksakta, 1, 34–42.
Izza, R. I., Nurhamidah, & Elvinawati. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Esai Berbantuan CRI (Certainty of Response Index) Pada Pokok Bahasan Asam Basa. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 5(1), 55–63.
Khaerani. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Aljabar Linear Melalui Pendekatan Problem Posing Cooperative Pada Mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Aljabar Linear STKIP Yapim Maros. Prosiding Seminar Nasional Universitas Cokroaminoto Palopo, 92–106. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo.
Lestari, N. A., Wijayati, N., Haryani, S., & Kasmui, K. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa Materi Asam Basa Menggunakan TwoTier Berbantuan CRI (Certainty Of Response Index). Journal of Chemisry in Education, 9(2), 48–54.
Mahmudah, W. (2020). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear pada Aljabar Linier Elementer. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(3), 449–456. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28926/briliant .v3i4.463
Maimuna, L. (2020). Mutu Hasil Belajar Aljabar Linear melalui Pembelajaran Daring di Palcomtech Palembang. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 4(2), 130–140.
Mufidah, A., Sulasteri, S., Majid, A. F., & Mattoliang, L. A. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Aljabar Pada Mata Kuliah Aljabar Linear Elementer. Al-Asma: Journal of Islamic Education, 1(1), 42–52.
Nawafilah, N. Q. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Menggunakan Operasi Baris Elementer. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 167–172. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.112
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8–18.
OECD. (2005). The role of the national qualifications system in promoting lifelong learning: Report from thematic group 2—Standards and quality assurance in qualifications with special reference to the recognition of non-formal and informal learning. OECD Publishing. Retrieved from https://www.oecd.org/education/skills-beyond-school/34376318.pdf
Pratiwi, D. D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Aljabar Linier Berbasis Nilai-nilai Keislaman dengan Pendekatan Saintifik. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 155–163. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4200
Puspitasari, N., & Wahyuni, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Aljabar Linear Melalui Self Directed Learning Mahasiswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 181–186. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.913
Rahmawati, & Khaerani. (2019). Efektivitas Penggunaan Maple Terhadap Hasil Belajar Aljabar Linear II Mahasiswa Semester IV Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muslim Maros. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 18–22.
Safitri, F. A., Sugiarti, T., & Hutama, F. S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakn Soal Cerita Bangun Datar Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 42–49.
Wulantina, E. (2022). Pengembangan E-Modul Aljabar Linear Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Nilai-Nilai Keislaman. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(2), 317–325. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i2.6103
Yuliani, S., B.V., R., & Mashuri. (2012). Penerapan Diagonalisasi Matriks dan Matriks Leslie Dalam Memproyeksikan Jumlah Populasi Perempuan. UNNES Journal of Mathematics, 1(1), 52–59.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.