Eksplorasi Konsep Matematika pada Kegiatan Berladang Kecamatan Bunut Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat

Fitri Nurhayati, Edy Yusmin, Silvia Sayu, Ade Mirza, Mohamad Rifat, Nadya Febriani Meldi

Abstract


The concept of mathematics in farming cultural activities can be used as a learning resource to improve the process of learning mathematics in schools. Therefore, the purpose of this research is to describe and illustrate the various activities carried out in gradual farming in Bunut Hulu sub-district, Kapuas Hulu district and to find out what mathematical concepts are contained in farming activities in Kapuas. Hulu Regency, Bunut Hulu District. This research is a type of qualitative research using descriptive research methods and ethnographic approaches that aim to analyze, describe, and explain agricultural activities in the community in Kapuas Hulu Regency, Bunut Hulu Regency. The data collection techniques used in this research are observation, interview and documentation techniques, so that the research results are obtained in the form of mathematical concepts of farming activities which are presented in stages of farming which consist of stages of land preparation, land burning, tillage, land maintenance, tapping and post-harvest which contain mathematical concepts of area, circumference, distance, comparison, volume,statistics (presentation of data), social arithmetic, planes and shapes.

 

Keywords: kapuas hulu district community; math concept exploration; tradition of farming activities

 

Abstrak

Konsep matematika dalam kegiatan budaya berladang dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan proses pembelajaran matematika di sekolah. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menggambarkan berbagai kegiatan yang dilakukan dalam berladang bertahap di Kecamatan Bunut Hulu Kabupaten Kapuas Hulu dan untuk mengetahui konsep-konsep matematika apa saja yang terdapat dalam kegiatan berladang di Kecamatan Bunut Hulu Kabupaten Kapuas Hulu. Hulu Kecamatan Bunut Hulu Kabupaten Kapuas Hulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan etnografi yang bertujuan untuk menganalisis, mendeskripsikan, dan menjelaskan kegiatan pertanian pada masyarakat di Kabupaten Kapuas Hulu Kecamatan Bunut Hulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengamatan, wawancara dan dokumentasi, sehingga diperoleh hasil penelitian berupa konsep-konsep matematika dari kegiatan berladang yang disajikan dalam tahapan berladang yang terdiri dari tahapan persiapan lahan, pembakaran lahan, pengolahan tanah, pemeliharaan lahan, penyadapan dan pasca panen yang memuat konsep-konsep matematika yaitu luas, keliling, jarak, perbandingan, volume, statistika (penyajian data), aritmatika sosial, bangun ruang, dan bangun datar.

Kata Kunci: eksplorasi konsep matematika; masyarakat kabupaten kapuas hulu; tradisi kegiatan berladang

 

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v11i4.pp274-286


References


DAFTAR RUJUKAN

Ajmain, Herna, & Sitti Inaya Masrura. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12, 45–54.

Corrêa, P. D., & Haslam, D. (2020). Mathematical Proficiency as the Basis for Assessment : A Literature Review and its Potentialities. 12(4), 3–20.

Groth, R. E. (2017). Classroom Data Analysis with the Five Strands of Mathematical Proficiency. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 90(3), 103–109. https://doi.org/10.1080/00098655.2017.1301155

Hendrayana, A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking ( RMT ) terhadap Pemahaman Konseptual Matematis Siswa SMP The Effect of Rigorous Mathematical Thinking ( RMT ) Learning Approach On Students ’ Understanding of Mathematical Concepts. 4(2), 186–199.

Ibrahim, N. sri wahyuni. (2021). Analisis Etnomatematika Pada Kerajinan Anyaman Bambu Terhadap Pemebelajaran Matematika di Kabupaten Sukabumi. Jurnal Peka, 4(2), 35–40. https://doi.org/10.37150/jp.v4i2.819

Ledi, F., Kusmanto, B., & Agustito, D. (2020). Identifikasi Etnomatematika pada Motif Kain Tenun Sumba Barat. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 87–95. https://doi.org/10.30738/union.v8i1.5338

Margawati, M., Yusmin, E., & Bistari. (2018). Potensi matematika di pendidikan dasar pada tradisi betukah masyarakat suku dayak dan melayu selimbau. Jurnal Pendidikan Dan PembelajaraN Untan, 7(9).

Meldi, N. F. (2022). Studi Lanjut Eksplorasi Konsep Matematika Pada Q . S An-Nur. Seminar Nasional Pendidikan Matematika UMT 2022, 167–178.

Meldi, N. F., Sugiatno, Nursangaji, A., Suratman, D., Hamdani, & Zubaidah. (2022). Eksploration Mathematics Concepts In Q.S An-Nur. Journal of Education, Teaching and Learning, 7(1), 89–95.

Mumu, J., & Aninam, P. A. (2018). Analisis Konteks Asal Budaya Papua Dalam Pendidikan Matematika Realistik. Journal of Honai Math, 1(1), 24. https://doi.org/10.30862/jhm.v1i1.768

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics.

Nelisa, Nursangaji, A., Sayu, S., Fitriawan, D., Rustam, & Munaldus. (2023). Etnomatematika dalam aktivitas pendistribusian barang oleh pedagang online. Jurnal Pembelajran Matematika Inovatif, 6(3), 1233–1244. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17188

Novitasari, L. L. (2018). DPNPM1- Lilis Novitasari & Leonard. Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matema, 758–766.

Nurhasanah, W. F., & Puspitasari, N. (2022). Studi Etnomatematika Rumah Adat Kampung Pulo Desa Cangkuang Kabupaten Garut. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 27–38. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1587

Rifki, M. (2017). Ladang Berpindah dan Model Pengembangan Pangan Indonesia. Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi 2017, February, E22.1-E22.7.

Siregar, N. F. (2021). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. 05(02), 1919–1927.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Paper of Matematohir, 2(1), 1–2. https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/

Turmuzi, M., Sudiarta, I. G. P., & Suharta, I. G. P. (2022). Systematic Literature Review : Etnomatematika Kearifan Lokal Budaya Sasak. 06(01), 397–413.

Ulfah, M., Felicia, L., & Pendahuluan, A. (2019). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM NATIONAL COUNCIL OF TEACHERS OF MATHEMATICS ( NCTM ) PADA ANAK. 1(2).

Uskono, I. V., Lakapu, M., Jagom, Y. O., Dosinaeng, W. B. N., & Bria, K. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Dan Prestasi Belajar Siswa. Journal of Honai Math, 3(2), 145–156. https://doi.org/10.30862/jhm.v3i2.126


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.