EFEKTIVITAS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Abstract
This quasi-experimental study aimed to compare the students understanding of mathematical concept who taught by PMR and conventional learning. PMR is a learning that began on real troubles and mentored students to discover the mathematical concepts on the real problems. The population in this study was all grade eighth students of SMP Negeri 20 Bandar Lampung in academic year 2012/2013 and the samples of this study were students of VIIID and VIIIF class who selected by purposive sampling. The design of this study was posttest control design. Based on the analysis of data, it can be concluded that generally, the average value of students understanding of mathematical concepts in PMR was higher than conventional learning. So, the PMR learning was better than conventional learning.
Penelitian ini merupakan eksperimen semu yang bertujuan untuk membandingkan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan PMR dan pembelajaran konvensional. PMR merupakan pembelajaran yang bermula pada masalah real dan siswa dibimbing menemukan konsep matematika pada masalah riil tersebut. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIID dan VIIIF yang dipilih menggunakan purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest control design. Berdasarkan analisis data, diperoleh simpulan bahwa secara umum nilai rata-rata pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran PMR lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Jadi, pembelajaran dengan PMR lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.
Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep matematika, pendekatan matematika realistik
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. Bumi Aksara: Jakarta.
Furchan, Arief. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Usaha Nasional: Surabaya.
Gravenmeijer. PMR: Menjadikan Pelajaran Matematika Lebih Bermakna Bagi Siswa. http://www. duniaguru.com/indeks.php.
Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Tulip: Banjarmasin.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Suharta, I Gusti Putu. 2002. Matematika Realistik: Apa dan Bagaimana. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No. 038 Tahun ke 8 September 2002.
Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik. Graha Ilmu: Yogyakarta.
Winataputra, Udin S. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Universitas Terbuka: Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.