PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Agustina Agustina, Gimin Suyadi, Nurhanurawati Nurhanurawati

Abstract


This quasi experimental study aimed to determine the influence of cooperative learning model of Think Pair Share type towards students understanding of mathematical concepts. Posttest only control design was used in this study. The population of this study was all students of grade IX SMPN 3 Terbanggi Besar in academic year 2013/2014. The samples of this study were students of IX-C and IX-E class which taken by purposive sampling.The data of study was obtained by test of understanding of mathematical concepts. Based on the result of data analysis using t-test, it can be concluded that the cooperative learning model of Think Pair Share type influenced students mathematical conceptual understanding of students of grade IX of SMPN 3 Terbanggi Besar in academic year 2013/2014.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 3 Terbanggi Besar tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian adalah siswa kelas IX-C dan IX-E yang diambil secara purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran think pair share berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas IX SMP Negeri 3 Terbanggi Besar tahun pelajaran 2013/2014.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, pemahaman konsep matematis, think pair share


Full Text:

PDF

References


Budiono. 2009. Panduan Pengembangan Materi Pembelajaran. Tersedia di http//www.scribd.com/doc/21684083/Pengemb-Materi-Pembelaj-Budiono-SMANEJA-Blitar.

Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara.

Permendiknas. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.