Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Berdasarkan Tahapan Polya
Abstract
The purpose of this research is to obtain data on the problem solving ability of vocational students based on Polya's stages. This type of research is descriptive qualitative. The research subjects were 5 class X students. The subject selection technique used purposive sampling. The instrument used in this research is a problem solving ability test question. Data collection techniques were carried out by tests and interviews. The data analysis technique uses the stages of Miles and Huberman, namely: reduction, presentation, and conclusion drawing. From the results and discussion, it can be concluded that the mathematical problem solving ability of vocational students based on Polya's stages, namely: (1) the understanding stage, students can understand the information in the problem well, (2) the problem planning stage, students do not write down the general formula used but use the help of images, (3) the problem solving stage, students have not been able to perform calculations appropriately, and (4) the stage of checking back and drawing conclusions, students do not carry out the process of checking back only drawing conclusions.
Keywords: polya; problem solving ability; SMK
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data kemampuan pemecahan masalah siswa SMK berdasarkan tahapan Polya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 5 orang siswa kelas X. Teknik pemilihan subjek menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan tahapan Miles dan Huberman, yaitu: reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK berdasarkan tahapan polya yaitu: (1) tahap memahami, siswa dapat memahami informasi pada soal dengan baik, (2) tahap merencanakan masalah, siswa tidak menuliskan rumus umum yang digunakan tetapi menggunakan bantuan gambar, (3) tahap menyelesaikan masalah, siswa belum dapat melakukan perhitungan dengan tepat, dan (4) tahap memeriksa kembali dan menarik kesimpulan, siwa tidak melakukan proses pengecakan kembali hanya melakukan penarikan kesimpulan.
Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah; polya; SMK
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Argarini, D. F. (2018). Analisis Pemecahan Masalah Berbasis Polya Pada Materi Perkalian Vektor Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 91 - 99.
Dede Nuryana, T. R. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Smk Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik Pada Materi Program Linear. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11 - 20.
Farihah, R. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , 6(1), 43 - 59.
Harlinda Fatmawati, M. T. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 899 - 910.
Maria Gaudensia Doa Doko, S. N. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Tahapan Polya Materi Segiempat. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(3), 228 - 235.
Netriwati. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 181 - 190.
Rahma Pratiwi, N. H. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMK Berdasarkan Tahapan Polya. Jurnal Educatio, 8(1), 256 - 263. doi:10.31949/educatio.v
Rati Ismidiah Yustiara, T. A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPN 4 Kaur pada Materi Perbandingan Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 9(2), 313 - 326. doi:DOI: 10.25273/jems.v9i2.10420
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81 - 95.
Sari, D. P. (2021). Profil Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Materi Program Linear Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(2), 27 - 39.
Shinta Mariam, d. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mtsn Dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178 - 186 .
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal “Mosharafa” Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 148 - 158. Retrieved from jurnalmtk.stkip-garut.ac.id
Sutarto Hadi, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53 - 61 .
Yuni Hajara, V. T. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smk Ditinjau Dari Disposisi Matematis. INSPIRAMATIKA | Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 4(2), 120-131.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.