Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas V SD

Loliyana Loliyana, Frida Destini, Nindy Profithasari, Kartika Dwi Wahyuning

Abstract


The problem of this research is that fifth grade students lack the ability to solve math problems,  this happens because students do not understand the stages in solving a problem. This study aims to describe and examine the effect and examine significant differences in the application of the PBL model to students' problem-solving abilities. This type of research is quantitative with experimental methods. There were 75 students as the population in this study, and 51 of them were used as samples. In this study, the t-test and direct regression test were used for data analysis. This study found that the use of the PBL model had a significant effect on students' ability to solve mathematical problems and there were significant differences in the application of this PBL model. Testing the first hypothesis with a simple regression test obtained the results Fcount = 7.72 ≥ Ftable = 4.24 which indicates that the application of the PBL model has a significant effect on the mathematical problem solving abilities of fifth grade students. The acquisition of the t-test is tcount = 2.737 > ttable = 2.021 shows that there is a significant difference in the application of the PBL model to students' mathematical problem solving abilities.

 

Keywords: mathematics; problem based learning; problem solving

 

Abstrak

Masalah penelitian ini yaitu bahwa peserta didik kelas lima kurang memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah matematika, hal tersebut terjadi karena peserta didik belum memahami tahapan dalam memecahkan suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menguji pengaruh serta menguji perbedaan yang signifikan dalam penerapan model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen. Terdapat 75 orang peserta didik sebagai populasi dalam penelitian ini, dan 51 dari mereka dijadikan sampel. Dalam penelitian ini, uji-t dan uji regresi langsung digunakan untuk analisis data. Studi ini menemukan bahwa penggunaan model PBL memiliki pengruh yang signifikan terhadap kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah matematika dan terdapat perbedaan yang signifikan dalam penerapan model PBL ini. Uji hipotesis pertama dengan uji regresi sederhana diperoleh hasil Fhitung = 7,72 ≥ Ftabel = 4,24 yang menunjukkan bahwa penerapan model PBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas V. Perolehan uji-t yaitu thitung = 2,737 > ttabel = 2,021 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penerapan model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik.  

 

Kata Kunci: matematika; pemecahan masalah; problem based learning

 

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v11i3.pp204-215

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.