Pengembangan Media Desain Batik Transformasi Geometri dalam Pembelajaran Matematika SMA

Sugeng Sugeng, Hidayati Hidayati

Abstract


Ethnomathematics-based Transformation Geometry learning is a teaching strategy that combines mathematical knowledge and cultural wisdom. This study aims to reveal the feasibility and effectiveness of a Geometry Transformation Batik Design media in mathematics learning for grade XII IPA students of SMAN 1 Nunukan, North Kalimantan. Research and development with the Borg & Gall model experimentally used two groups with the static group comparison: randomized control-group-only design. Development of learning media through the trial stage of small and larger samples with the help of material and art validators. Questionnaires, observation sheets and learning outcome tests as instruments to collect research data. The validation results recommend that the learning media category is feasible. Hypothesis testing uses a t-test technique whose results show a probability value of 0.000 at α=0.05 so that there are differences in learning outcomes between the two groups of students, and the experimental group achieves higher learning outcomes. Media use in the experimental group showed effective results, while in the control group, the results were less effective.  In further research, geometric transformation batik design media can use batik motifs according to each region and for other geometric fields.

 

Keywords: batik design media; media development; transformation geometry

 

Abstrak

Pembelajaran Geometri Transformasi berbasis etnomatematika merupakan strategi mengajar yang mengkombinasikan pengetahuan matematika dan kearifan budaya. Penelitian ini bertujuan mengungkap kelayakan dan efektifitas media Desain Batik Transformasi Geometri dalam pembelajaran matematika siswa kelas XII-IPA SMAN 1 Nunukan, Kalimantan Utara. Penelitian dan pengembangan dengan model Borg & Gall secara eksperimen menggunakan dua kelompok dengan the static group comparison: randomized control-group-only design. Pengembangan media pembelajaran melalui tahap ujicoba sampel kecil dan sampel lebih besar dengan bantuan validator materi dan seni. Angket, lembar observasi dan tes hasil belajar sebagai instrumen untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil validasi merekomendasikan bahwa media pembelajaran kategorinya layak. Pengujian hipotesis menggunakan teknik uji-t yang hasilnya menunjukkan nilai probabilitas 0,000 pada α=0.05 sehingga terdapat perbedaan hasil belajar dua kelompok siswa tersebut, dan kelompok eksperimen mencapai hasil belajar yang lebih tinggi. Penggunaan media pada kelompok eksperimen menunjukkan hasil yang efektif, sedangkan pada kelompok kontrol hasilnya kurang efektif. Pada penelitian lebih lanjut, penerapan media desain batik transformasi geometri dapat menggunakan motif batik sesuai masing-masing daerah dan untuk bidang geometri lainnya.

Kata Kunci: geometri transformasi; media desain batik; pengembangan media

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v11i2.pp132-148


References


Abdullah, A. A. (2020). Etnomatematika; Eksplorasi Transformasi Geometri Pada Ragam Hias Cagar Budaya Khas Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(2), 131–138. https://doi.org/10.25139/smj.v8i2.3107

Arwanto, A. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Batik Trusmi Cirebon Untuk Mengungkap Nilai Filosofi Dan Konsep Matematis. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 40–49. https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.1.1493

Astuti, E. P., & Supriyono, S. (2020). Karakteristik Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 6(1), 49–60. https://doi.org/10.37729/jpse.v6i1.6492

Barton, B. (1996). Making sense of ethnomathematics: Ethnomathematics is making sense. Educational Studies in Mathematics, 31(1–2), 201–233. https://doi.org/10.1007/BF00143932

Binangun, H. H., & Hakim, R. A. (2016). Pengaruh penggunaan alat peraga Jam Sudut terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 01(02), 204–214. https://doi.org/10.30998/jkpm.v1i2.1188

Cesaria, A., Fitri, D. Y., & Rahmat, W. (2022). Ethnomathematic Exploration Based on Realistic Mathematics Education (Rme) in the Traditional Game “Lore.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1630–1639. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4958

Chatib, M. (2012). Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Kaifa.

Choeriyah, L., Nusantara, T., Qohar, A., & Subanji. (2020). Studi Etnomatematika pada Makanan Tradisional Cilacap. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 210–218. https://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/5980/3690

Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 172. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9283

Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19589

Fauzi, A., & Lu’luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika Pada Permainan Dengklaq Sebagai Media Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 408. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2303

Fitria, A. S., Ramdani, A., & Hadiprayitno, G. (2023). Keefektifan Pelaksanaan E-Learning Pada Mata Pelajaran Biologi. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 2–7. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.2868

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707

Harfian, B. A. A., & Fadillah, E. N. (2021). Analisis Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning dengan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Biologi SMA. … Nasional Biologi, 1, 947–957. https://semnas.biologi.fmipa.unp.ac.id/index.php/prosiding/article/view/118

Hartindya, R. P. (2019). Etnomatematika Pada Motif Batik Jember Sebagai Bahan Pembelajaran Geometri Siswa. [Abstrak]. http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94222

Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587

Merdja, J., & Restianim, V. (2022). Kajian Etnomatematika Pada Motif Tenun Ikat Ende Lio. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 727. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4897

Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 327–338. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1265

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11405

Rachmawati, F., & Purwaningrum, J. P. (2019). Model discovery learning berbasis etnomatematika pada bangun ruang untuk menumbuhkan kemampuan Literasi dan Karakter Nasionalisme pada Generasi Z 4.0. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 254–260. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4837

Rahmawati, Y. Z., & Muchlian, M. (2019). Eksplorasi etnomatematika rumah gadang Minangkabau Sumatera Barat. Jurnal Analisa, 5(2), 123–136. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.5942

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7521

Sudirman, Rosyadi, & Lestari, W. D. (2017). Penggunaan etnomatematika pada karya seni batik Indramayu dalam pembelajaran geometri transformasi. Pedagogy, 2(1), 74–85. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v2i1.662

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). CV. Alfabeta.

Suprana, E., & Farida, N. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri Transformasi. Limacon: Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–7. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/limacon

Suryabrata, S. (2004). Metodologi Penelitian (16th ed.). Rajawali.

Yanti, D., & Haji, S. (2019). Studi Tentang Konsep-Konsep Transformasi Geometri. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3(2), 265–280. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.1744

Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura. Sigma : Kajian Ilmu Pendidikan Matematika, 2(2011), 35–40. https://doi.org/10.53712/sigma.v2i2.124


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.