KREATIVITAS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL DENGAN KONTEKS JAKABARING SPORT CITY PADA MATERI PELUANG
Abstract
This study aims to describe the emergence of indicators of student creativity when solving mathematical problems on opportunities using the context of Jakabaring Sport City Palembang. This research ended as a qualitative descriptive study with 3 subjects in class IX Mts. Najahiyah. This research has three stages, the first is the preparation stage, the second is the implementation stage and the third is the data analysis stage. Data obtained from written tests and interviews. The answers that have been obtained from the subject will be analyzed in three stages, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions based on previously determined indicators. From the results of the research conducted by the researcher, the students who answered the most based on the indicator, namely fluency and originality while the indicators of flexibility and elaboration only one subject fulfilled these indicators.
Keywords: jakabaring sport city palembang; opportunity material; student creativity
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjabarkan kemunculan indikator kreatifitas siswa ketika menyelesaikan permasalahan matematika materi peluang dengan menggunakan konteks Jakabaring Sport City Palembang. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan 3 orang subjek kelas IX Mts. Najahiyah. Penelitian ini terdapat tiga tahapan yang pertama tahap persiapan, yang kedua tahap pelaksanaan dan yang ketiga tahap analisis data. Data diperoleh dari tes tertulis dan wawancara. Jawaban yang telah didapatkan dari subjek tersebut akan dianalisa dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan berdasarkan indikator yang sebelumnya telah ditentukan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti mendapatkan siswa yang paling menjawab bersadarkan indikator yaitu kelancaran serta keaslian sedangkan indikator keluwesan dan elaborasi hanya satu subjek yang memenuhi indikator tersebut.
Kata Kunci: jakabaring sport city palembang; kreativitas siswa; materi peluang
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azhari, (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Kontruktivisme Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-12.
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/992
Fardah, D.K. (2012). Analisis Proses Dan Kemampuan Bepikir Kreatif Siswa Dalam Matematika Melalui Tugas Open Ended. Jurnal Kreano, 11(1), 1-9.
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/2616
Hariyati, Indaryanti & Zulkardi. (2008). Pengembangan Materi Luas Permukaan Dan Volume Permukaan Dan Volume Limas Yang Sesuai Dengan Karakteristik Pmri Dikelas Viii Smp Negeri 4 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51-61.
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/298
Mitari, O., & Zulkardi. (2018). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Dengan Konteks Wisata Jakabaring Sport City. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 172.
http://seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/download/1059/pdf
Putri, R.I.I. (2014). Evaluasi program pelatihan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) bagi guru matematika Sumatera Selatan. Prosiding Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan, 1 (1), 522-527.
https://repository.unsri.ac.id/6778/
Rizqi, A. A., Hardi, S., & Sudarmin. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Melalui Blended Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 17±23. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/12911
Siswono, T. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Somakim, A. (2013). Peningkatan Instrumen Berpikir Kreatif Matematika Siswa Melalui Pendekatan Kontruktivisme di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri Banyuasin III, Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1-12. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/992
Sudarma, M. (2013). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: Rajwali Pers.
Sunito, Sukardjo & Syarif. (2013). Metaphorming (Beberapa Strategi Berpikir Kreatif). Jakarta: Indeks.
Suryobroto, B. (2013). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Widiastuti, Y., & Putri, R. I. I. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Operasi Pecahan Menggunakan Pendekatan Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 13-22.
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/5961/0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.