PENGARUH PENERAPAN MODEL PERAIHAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Ahmat Nurdin, Sugeng Sutiarso, Rini Asnawati

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the influence of conceptual attainment model towards student’s mathematical conceptual understanding ability in grade eighth students of Junior High School state 13 Bandarlampung in academic year 2012/2013. The population was all grade eighth students of Junior High School state 13 Bandarlampung in academic year 2012/2013. The samples were students of VIIIG as experiment class and VIIIK as control class. The samples were chosen by purposive sampling technique. This research used post-test only control group design. Based on the result of research,it was concluded that the implementation of conceptual attainment model influences student’s mathematical conceptual understanding ability.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model peraihan konsep terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013.  Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013. Sampel dalam peneli­ti­­­­­­­­­an ini­ adalah siswa kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII K se­­­­­­bagai kelas kontrol.  Sampel dipilih melalui tek­nik­ pur­po­­­­sive sampling­. Desain penelitian adalah post-test only control group design. Ber­dasar­­kan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model peraihan konsep berpengaruh ter­hadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.

Kata kunci: kemampuan pemahaman konsep, model peraihan konsep, pengaruh

Full Text:

PDF

References


Andari, Tri. 2010. Efektifitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Kontekstual terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas V SD se-kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah. Skripsi pada FPMIPA IKIP PGRI Madiun: Tidak diterbitkan.

Badan Penelitian dan Pengembangan. 2011. Survei Internasional TIMSS. (online) (litbang.kemdikbud.go.id/detail.php?id=214, diakses pada 27 Desember 2012).

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Eggen, Paul dan Kauchak donald P. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Diterjemahkan oleh: Satrio Wahono. Jakarta: Indeks.

Kurniawati, Ririn. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran MMP. Skripsi UPI: tidak diterbitkan.

Nurmalasari, R. 2010. Analisis Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI pada Pembelajaran Efek Tyndall Menggunakan Metode Discovery-Inquiry. Skripsi pada FPMIPA UPI Bandung: Tidak Diterbitkan

Sanusi. 2006. Pembelajaran Pencapaian Konsep dalam Mengajarkan Persamaan Kuadrat di Kelas 1 MA/SMA. Madiun: Tidak diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.