PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Classroom action research is aimed to increase activities and mathematics’ learning outcomes by applying cooperative learning model of STAD type. This research done in 3 cycles, which in every cycle, the percentage of activities and mathematics’ learning outcomes are increased. The research has used observation and test as the data collection techniques. For the instruments that were needed during the research, it has used observation papers, field notes and test papers. The activities shown increase for each cycle, 50%, 69 % and 81 % for cycle I, II and III respectively. Also for mathematics’ leraning outcomes, it shown 50%, 68.75% and 75% for cycle I, II and III respectively. It means that applying the cooperative learning model of STAD type increased the activities and mathematics’learning outcomes for students of VIII B class in Pelita Bangsa Junior High School Bandar Lampung.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Instrumen yang digunakan selama penelitian berlangsung adalah lembar observasi, catatan lapangan dan perangkat tes. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus, dimana pada setiap siklusnya terlihat kenaikan persentase aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Aktivitas meningkat pada setiap siklus, yaitu 50%, 69% dan 81 % untuk siklus I, II dan III. Begitu juga untuk hasil belajar matematika meningkat pada setiap siklusnya, yaitu 50%, 68.75% dan 75% untuk siklus I, II dan III. Hal ini berarti bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Pelita Bangsa Bandar Lampung.
Kata kunci: aktivitas, hasil belajar matematika, pembelajaran kooperatif tipe STAD
Full Text:
PDFReferences
Arends, Richard I. 2007. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.