EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN METODE INKUIRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Feny Kurniati Rizda, Arnelis Djalil, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This experimental research aimed to know the effectiveness of implementation of Jigsaw learning model with Inquiry method viewed by students’ critical thinking ability with non equivalence pretest-posttest group design. This research used twice test, was before and after learning. The population of this research was that all of VIII grade students of SMP Negeri 12 Bandar Lampung in the academic year 2012/2013. The research’s samples were the students of VIII A  and VIII B class which chosen by simple random sampling technique. Based on the results and discussions, the researcher concluded that the implementation of Jigsaw learning model with Inquiry method was ineffective viewed by student’s critical thinking ability.

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Jigsaw dengan metode Inkuiri ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa, dengan desain non equivalence pretest-posttest group design. Penelitian ini menggunakan dua kali tes, di awal dan di akhir pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMPN 12 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013.  Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A dan VIII B yang diambil dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dengan metode Inkuiri tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa.

Kata kunci : kemampuan berpikir kritis, metode inkuiri, model pembelajaran jigsaw


Full Text:

PDF

References


Albinsaid, Gamal. Metode Pengambilan dan Pengolahan Sampel. 02 Mei 2013, 26 Juli 2013. http//edukasi.kompasiana.com/2013/05/02/metode-pengambilan-dan-pengolahan-sampel-552332.html

Azhar. Kualitas Pendidikan Indonesia Rangking 69 Tingkat Dunia. Februari 2012. 8 November 2012. http://azharmind.blogspot .com/2012/02/kualitas-pendidikan-indonesia-rangking.html.

Costa, A L. 1985. Developing Minds a Resource Book for Teaching Thingking. Virgina ASCD. Alexandria.

Desvita, Evani. Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Kelebihan dan Kelemahan Tipe Jigsaw. 18 Juni 2013. 5 Juni 2013, http://evanis-irva.blogspot.com/2012/06/pembelajaran-kooperatifmodel.html.

Junaidi, Wawan. Pembelajaran Matematika, Juni 2010, 24 September 2012, http://wawan-junaidi.blogspot.com/2010 06/pembelajaran-matematika.html.

Lampung Post. Peringkat Pendidikan terus Terpuruk. 28 Desember 2011. 24 September 2012. http://www.lampungpost.com/index.php/pendidikan/19994-peringkat-pendidikan-terus-terpuruk.html.

Rofi’udin, A. 2000. Studi tentang Bentuk dan Fungsi Pertanyaan dalam Interaksi Kelas Bahasa Indonesia dan dalam Interaksi Keluarga. PPs IKIP Malang. Soesanti, Pembelajaran Inkuiri dan Berpikir Kritis Pada Materi Pencemaran Udara, 2005, 17 Mei 2013, http://repository .upi.edu/operator/upload/s_pbio043597_ chapter2%281%29.pdf.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Trianto. 2007. Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Usman, Mustofa. Diskusi Pendidikan Akhir Tahun. 18 November 2011. 24 September 2012. http://www.lampungpost.com index.php/berita-utama-cetak/20088-diskusi-akhir-tahun- 011-kualitas-mengajar-guru-menurun.html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.