EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Abstract
This is a quasi-experimental research that aimed to know the effectiveness of the learning model of TSTS viewed by students' understanding of mathematical concepts. The population in this study were all students of VIII grade of SMP Al-Kautsar Bandar Lampung in academic year 2012/2013 as many as 270 students and distributed into 8 classes. The samples in this study were students of VIII E which taken randomly. The study design was a one-group posttest only design. Instrument used in this study was a essay test of conceptual understanding. Based on the analysis of data showed that the percentage of students who understand the mathematical concepts in cooperative learning of TSTS type was less than 65%. Thus, the cooperative learning model of TSTS type was ineffective viewed by understanding of mathematical concepts of VIII grade students of SMP Al-Kautsar Bandar Lampung in academic year 2012/2013.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran TSTS ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 270 siswa dan terdistribusi dalam 8 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIE yang diambil secara acak. Desain penelitian ini adalah one group posttest only design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal esai pemahaman konsep. Berdasarkan hasil analisis data, persentase pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TSTS kurang dari 65%. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TSTS kurang efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013.
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, pemahaman konsep matematis, TSTS
Full Text:
PDFReferences
Lie, A. 2007. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning, Teori, Riset, dan Praktik [Terjemahan] Bandung: Nusa Media.
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Tarsito: Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.