PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DISERTAI NILAI-NILAI KEISLAMAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI SPLDV

Merry Andhriyani, Ira Vahlia, Jazim Ahmad

Abstract


This development research aims to produce an e-module for learning mathematics with Islamic values through a contextual approach to the material of a valid and practical two-variable linear equation system. The development model used in this research is the ADDIE development model. The stages in the ADDIE development model are Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The Implementation stage was not carried out because the researchers only focused on producing a product until it was valid and practical so that it could be implemented. Data analysis techniques are used in the form of interview sheets, validation questionnaire sheets, and practicality test questionnaire sheets. The research subjects used ten students of class VIII SMP Negeri 7 Metro. The validity test was carried out by two material expert validators, two media expert validators and 1 Islamic values expert validator, obtaining a percentage of 86% with very valid criteria. The small-scale practicality test received a percentage of 95% with very practical measures. Based on the requirements that have been obtained, the developed e-module meets the valid and practical criteria.

Keywords:  contextual; development; e-module; islamic value

 

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan e-modul pembelajaran matematika disertai nilai-nilai keislaman melalui pendekatan kontekstual pada materi sistem persamaan linear dua variabel yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Tahap Implementation tidak dilakukan karena peneliti hanya fokus menghasilkan suatu produk hingga valid dan praktis agar dapat di implementasikan. Teknik analisis data yang digunakan berupa lembar wawancara, lembar angket validasi, lembar angket uji kepraktisan. Subjek penelitian menggunakan 10 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Metro. Uji kevalidan dilakukan oleh 2 validator ahli materi, 2 validator ahli media dan 1 validator ahli nilai-nilai keislaman memperoleh presentase sebesar 86% dengan kriteria sangat valid. Uji kepraktisan skala kecil memperoleh presentase sebesar 95% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan kriteria yang telah diperoleh maka e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis.

Kata Kunci: e-modul; kontekstual; nilai-nilai keislaman; pengembangan

 

 

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v10i3.pp244-258


References


Agustina, Rina., Vahlia, Ira. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi Program Studi Pendidikan Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 40(1), 285-292. https://doi.org/10.1007/s13394-017-0216-4

Andriani, S. & Izzati, N. (2020) . Pengembangan E-modul Berbasis Kontesktual pada Materi Logika Matematika Kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 8(1), 32-35.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design; The Addie Approach. Springer Science & Business Media.

Danuri. (2014). Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Memfalitasi Kemandirian Belajar Siswa SD/MI. Al Bidayah, 6(1), 39-58.

Fadilah, B. N., Ahmad, J., & Farida, N. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Geometri Transformasi dengan Berbantuan Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i1.pp1-11

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Krisnanti, D. A., Rizki, S., & Vahlia, I. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Disertai Nilai-Nilai Islam. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–10.

Kurniawati, F. E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Ahklak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Penelitian, 9(2), 367. https://doi.org/10.21043/jupe.v9i2.1326

Malo, A. H., Ambarawati, M., & Napfiah, S. (2020). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 109–118. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.377

Moma, L. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa Smp. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 27–41. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/142

Pebriana, P. H. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 7(2), 95. https://doi.org/10.26858/publikan.v7i2.3144

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan, 102501, 1–49. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Salinan PP Nomor 57 Tahun 2021.pdf

Rahmawati, M. S. (2020). Meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok bilangan pada peserta didik MI Negeri Karang Poh Pulosari Pemalang Melalui Strategi Think Talk Write (TTW). Indonesia Journal of Educationalist, 1(2),199-210.

Ramdani, A. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1-10.

Rizki, S. & Linuhung, N. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Berbasis Kontekstual dan ICT. Jurnal Aksioma, 5(2), 137-144.

Salafudin, S. (2015). Pembelajaran Matematika Yang Bermuatan Nilai Islam. Jurnal Penelitian, 12(2), 223. https://doi.org/10.28918/jupe.v12i2.651

Suarsana, I M. Mahayukti, G.A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(3), 193.

Suhandri, S., & Sari, A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 131. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8255

Susanti, E. D., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Corporate Pada Materi Luas Dan Volume Bola. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 37–46. https://doi.org/10.32938/jpm.v3i1.1275

Wahyuningtyas, D. T., & Suastika, I. K. (2016). Developing Of Numbers Learning Module For Primary School Student By Contextual Teaching And Learning Approach. September, 33–36.

Zakiyah, H., Purnomo, D., & Sugiyanti, S. (2019). Pengembangan E-modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Bilangan Bulat SMP Kelas VII. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 287–293. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4855


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.