EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Abstract
Numbered Head Together (NHT) is a learning model that consists of four stages, namely numbering, asking questions, thinking together, and giving answers. NHT engages students actively and responsibly in understanding the subject material individually or groups.This quasi experimental research’s purpose was to find the effectiveness of cooperative learning model of NHT type viewed by comprehension of mathematical concepts of students. Population was all students of 8th grade of SMPN 8 Bandar Lampung. Through purposive sampling technique was obtained students of VIII-D as the control class and VIII-E as the experiment class. The research data was obtained by the comprehension of mathematical concepts test. Based on the analysis using t test, it can be concluded that the cooperative learning model of NHT type is effective viewed by comprehension of mathematical concepts of student of 8th grade of SMPN 8 Bandar Lampung in academic year 2012/2013.
Pembelajaran kooperatif tipe NHT merupakan model pembelajaran secara berkelompok yang terdiri dari 4 tahapan yaitu penomoran, pengajuan pertanyaan, berfikir bersama, dan pemberian jawaban. NHT melibatkan siswa secara aktif dan bertanggung jawab dalam memahami materi pelajaran baik secara individu maupun kelompok. Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe NHT ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: efektivitas, NHT, pemahaman konsep matematis
Full Text:
PDFReferences
PP RI No 19 Tahun 2005. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: CV Karya Gemilang.
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT Tasito. Edisi Keenam.
Trianto. 2011. Mendesaim Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.
UU RI No 20 Tahun 2005. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV Karya Gemilang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.